PERANCANGAN ANTARMUKA SISTEM INFORMASI AKADEMIK SISWA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE HUMAN CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: SMK NEGERI 8 MALANG)

Main Author: Wardlatul Ulfa Wahidah, Anis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/184190/1/Anis%20Wardlatul%20Ulfa%20Wahidah.pdf
http://repository.ub.ac.id/184190/
Daftar Isi:
  • SMK Negeri 8 Malang adalah instansi yang bergerak pada bidang pendidikan yang ada di kota Malang. SMK Negeri 8 Malang bersatus negeri dan sudah terakreditasi yaitu A dan telah menerapkan kurikulum 2013 Revisi dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam proses penyampaian segala informasi akademik, siswa mendapat informasi akademik seperti jadwal pelajaran, proses registrasi dan hasil rekapan nilai siswa dilakukan secara manual. Hal tersebut membuat siswa dan wali siswa tidak dapat mengukur perkembangan kemampuan siswa secara optimal karena hasil rekapan nilai siswa hanya dapat dilihat pada akhir semester melalui pembagian rapor. Hal tersebut membuat tidak efisiensinya penyajian informasi data akademik kepada siswa ataupun wali siswa. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka SMK Negeri 8 Malang membutuhkan sebuah perancangan antarmuka sistem informasi akademik yang dapat membantu meningkatkan pengelolaan informasi data akademik siswa. Perancangan antarmuka ini bertujuan untuk memberikan gambaran dalam penerapan sistem informasi akademik siswa serta meningkatkan efisiensi pengelolaan dan penyajian informasi bagi siswa di SMK Negeri 8 Malang. Perancangan antarmuka yang akan dijadikan solusi dalam penelitian ini menggunakan metode Human Centered Design (HCD) yang dapat membantu pihak terkait dalam memberikan gambaran mengenai desain antarmuka yang berguna sebagai gambaran atau acuan pengembangan menjadi sebuah sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah perancangan desain prototype high fidelity yang dievaluasi dengan 8 responden yang telah ditentukan menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian dengan menggunakan kuesioner SUS memperoleh rata – rata skor SUS yaitu 75,31. Nilai rata – rata tersebut dapat dikategorikan layak atau dapat diterima oleh pengguna.