Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Stres Siswa Kelas 6 SD Zainul Kabupaten Probolinggo Pada Metode Pembelajaran Daring
Main Author: | Amalia, Faiqotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/184168/1/Faiqotul%20Amalia.pdf http://repository.ub.ac.id/184168/ |
Daftar Isi:
- "Di Indonesia pandemi covid-19 sudah menjadi salah satu krisis kesehatan masyarakat yang perlu ditangani dengan segera. Tindakan pencegahan yang dapat dilakukan oleh pemerintah dalam mengurangi penyebaran covid-19 salah satunya yaitu dengan diterapkannya metode pembelajaran daring. Metode pembelajaran yang berbeda akibat dari berbagai faktor dapat berpotensi terjadinya stres pada siswa. Oleh sebab itu, bantuan dan dukungan diperlukan dalam mengahadapi situasi saat ini. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat stres siswa kelas 6 SD Zainul Hasan pada metode pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif secara cross sectional. Sampel yang didapat yaitu sebanyak 56 siswa kelas 6 SD Zainul Hasan Genggong Kabupaten Probolinggo secara purposive sampling. Data didapat melalui pengisian kuesioner dukungan keluarga dan tingkat stres pada siswa. Analisis data menggunakan uji statistic nonparametric rank spreaman Didapatkan hasil penelitian bahwa angka probabilitas (0,000), dimana ρ-value < 0,05. menunjukkan kedua variabel terdapat hubungan cukup dengan sifat tidak searah. Kesimpulan didapatkan hubungan signifikan antara dukungan keluarga dengan tingkat stres siswa kelas 6 SD Zainul Hasan pada metode pembelajaran daring. Semakin baik dukungan dari keluarga maka tingkat stres yang dialami oleh siswa semakin rendah. Kata kunci: dukungan keluarga, tingkat stres, siswa kelas 6, metode pembelajaran daring "