Implementasi Program Loket Fast Track Dalam Rangka Perbaikan Sistem Antrean Layanan Administrasi Kepesertaan Jkn-Kis (Studi Di Kantor Bpjs Kesehatan Cabang Jakarta Selatan)
Main Author: | Putri, Afina Widya Agusti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/183737/ |
Daftar Isi:
- Program Loket Fast Track merupakan suatu program yang dilaksanakan untuk mengatasi masalah penumpukan antrean yang ada di Loket BPJS Kesehatan Jakarta Selatan. Program ini bertujuan untuk mempercepat proses layanan administrasi kepesertaan dan memberikan edukasi kepada masyarakat yang ingin mendaftarkan dirinya sebagai peserta JKN-KIS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini terbagi menjadi dua, antara lain: 1) implementasi program Loket Fast Track dalam rangka perbaikan sistem antrean layanan administrasi kepesertaan JKN-KIS; dan 2) faktor pendukung dan faktor penghambat pada implementasi program Loket Fast Track dalam rangka perbaikan sistem antrean layanan administrasi kepesertaan JKN-KIS. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis data deskriptif dengan melalui proses data collection, data condensation, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program Loket Fast Track membuat antrean yang tadinya menumpuk di Loket Fast Track menjadi tidak padat lagi. Calon peserta bisa merasakan perubahan layanan administrasi kepesertaan menjadi lebih cepat dan mudah. Selain itu calon peserta juga mendapatkan edukasi mengenai program JKN, regulasi pendaftaran, hak dan kewajiban peserta, dan sistem pembayaran autodebit. Selain itu, terdapat faktor pendukung seperti SDM, sarana prasarana, dan data NIK dari Dispendukcapil serta faktor penghambat seperti sistem offline, petugas masih menggunakan kertas, dan peserta yang salah antrean dan perbedaan data pada berkas peserta. Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kepesertaan, BPJS Kesehatan Jakarta Selatan diharapkan dapat memasukkan data pada NIK yang belum terdaftar ke Microsoft Excel saat sistem sedang offline. BPJS Kesehatan juga dapat menyediakan banner mengenai informasi perbedaan loket di lobby agar calon peserta tidak salah antrean. Selain itu, tablet yang terdapat pada meja loket dapat digunakan sebagai pengganti lembar tanda tangan agar mengurangi penggunaan kertas dan mempersingkat waktu layanan.