Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas dan Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013 – 2018)
Main Author: | Ishar, Adelina Noor |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/183735/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan di dunia bisnis yang mengalami peningkatan cukup pesat menyebabkan persaingan menjadi lebih ketat. Perusahaan makanan dan minuman di Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang mengalami persaingan ketat karena permintaan domestik yang tinggi serta melimpahnya sumber daya alam. Setiap perusahaan tentu ingin unggul dalam persaingan bisnis. Unggulnya suatu perusahaan dapat ditunjukkan melalui perolehan laba yang tinggi serta nilai dari suatu perusahaan. Pengelolaan struktur modal yang baik serta besarnya ukuran suatu perusahaan diduga dapat memengaruhi profitabilitas serta nilai suatu perusahan yang mana menunjukkan keunggulan perusahaan di persaingan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh parsial struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas, struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Struktur modal yang di proksi menggunakan Debt to Equity Ratio dan Ukuran Perusahaan yang diproksi menggunakan Total assets merupakan variabel terikat dalam penelitian ini, sedangkan Profitabilitas yang diproksi menggunakan Return on Equity dan Nilai Perusahaan yang diproksi menggunakan PBV merupakan variabel bebas dalam penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Terdapat 10 perusahaan yang merupakan sampel dalam penelitian ini, dimana merupakan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indoneisa periode 2013 – 2018 yang telah memenuhi kriteria sampel. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan path analysis serta diolah dengan menggunakan program WarpPLS 7.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas, variabel Struktur Modal berpengaruh tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, variabel Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan variabel Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Hasil uji dari predictive relevance (Q2) menunjukkan bahwa kontribusi yang diberikan model untuk menjelaskan empat variabel yang ada dalam penelitian ini adalah sebesar 64,4714% sedangkan sisanya sebesar 35,5286% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti.