Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi KRL Access Dengan Menggunakan Metode Usability Testing Dan User Experience Questionnaire
Main Author: | Resmitasari, Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/183642/1/Ayu%20Resmitasari.pdf http://repository.ub.ac.id/183642/ |
Daftar Isi:
- PT Kereta Commuter Indonesia memiliki sebuah aplikasi KRL Access yang dirancang dengan tujuan dapat membantu serta memudahkan para pengguna KRL Jabodetabek untuk mendapatkan informasi terkait jadwal keberangkatan kereta, rute yang dilalui kereta, hingga tarif harga yang harus dibayarkan menuju tempat yang diinginkan. Namun, sesuai dengan penelitian sebelumnya dan melakukan beberapa observasi serta wawancara ulang terhadap pengalaman pengguna selama menggunakan aplikasi yang dilakukan oleh peneliti, akan tetapi hasil penelitian yang dilakukan masih ditemukan adanya permasalahan usability pada aplikasi KRL Access. Hasil permasalahan pengalaman pengguna aplikasi yaitu terdapat fitur-fitur menu yang disediakan tidak dapat berjalan sesuai dengan fungsinya, bahkan ada menu yang tidak dapat digunakan sama sekali. Agar tujuan dan manfaat dari adanya KRL Access dapat terpenuhi sesuai dengan rencana, maka hasil observasi dan wawancara terkait pengalaman pengguna dapat digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki sistem yang ada guna mendapatkan hasil yang sesuai harapan. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan metode usability testing untuk mengetahui permasalahan penggunaan apa saja yang dialami saat menggunakan aplikasi KRL Access dan user experience questionnaire untuk mengetahui kepuasaan pengalaman pengguna KRL Access. Evalusi usability testing menghasilkan 11 permasalahan yang diujikan oleh peneliti kepada pengguna. Dari total 11 permasalahan usability testing, hasil rata-rata pengujian sebesar 48.3 maka sistem termasuk kategori “Not Acceptable” yang ditemukan banyak sekali permasalahan ketidakjelasan fitur menu sehingga perlu memahami lebih lanjut. Sedangkan permasalahan user experience questionnaire diperoleh nilai di bawah rata-rata dan tergolong netral yaitu antara -0.042 sampai 0.013 yang ditemukan masalah penilaian pengalaman pengguna terhadap KRL Access adalah pada tampilan antar muka yang tidak menarik. Rekomendasi perbaikan terdiri atas beberapa saran perbaikan yakni perbaikan desain antarmuka pengguna, perbaikan fungsionalitas, serta perbaikan informasi.