Evaluasi dan Perbaikan Antarmuka Website Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Menggunakan Metode Human Centered Design
Main Author: | Ferdiantoro, Andreas Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/183624/ |
Daftar Isi:
- Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menggunakan website untuk memberikan informasi pelayanan dan transparansi kepada masyarakat. Pada praktiknya website tersebut memiliki permasalahan yang menyebabkan pengguna kurang memahami informasi yang diberikan. Hal ini disebabkan karena pengguna tidak pernah dilibatkan dalam perancangan website. Selain itu maintenance yang dilakukan juga hanya sebatas konten sehingga tampilan website belum pernah mengalami pembaruan sejak tahun 2014. Melihat permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk memberikan evaluasi dan memberikan perbaikan antarmuka pengguna menggunakan metode Human Centered Design. Penelitian ini menggunakan metode Human Centered Design yang memiliki 4 tahap yaitu memahami konteks pengguna, menspesifikasikan persyaratan pengguna, menghasilkan solusi desain dan evaluasi desain solusi. Penelitian ini melibatkan 6 responden pada tahap spesifikasi persyaratan pengguna dengan melakukan wawancara langsung untuk mendapatkan data kualitatif yang digunakan sebagai acuan dalam melakukan perbaikan antarmuka pengguna. Penelitian ini menggunakan perancangan purwarupa high fidelity prototype. Pada tahap evaluasi desain kembali dilakukan wawancara untuk menggali masukan pengguna dan memberikan kuesioner SUS untuk mendapatkan data kuantitatif apakah website yang dibuat sudah memenuhi kriteria perbaikan yang diharapkan pengguna. Dari hasil wawancara didapatkan repon yang lebih baik dari desain lama, pengguna yang bependapat bahwa tampilan antarmuka lebih rapi dan lebih mudah untuk digunakan. Hal ini disebabkan perbaikan dari segi pemilihan warna, penambahana halaman baru, pembuatan penambahan pentunjuk halaman sehingg memudahkan pengguna menggunakan website Hasil tersebut juga didukung dengan pengujian kuesioner SUS yang mendapatkan nilai 80.25 yang masuk dalam rating excellent dan mendapatkan acceptable range “Acceptable”.