Pengaruh Kualitas Implementasi Model Pembelajaran Problem based learning Dan Discovery learning Berbantuan Aplikasi Canvas Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Di Smkn 5 Malang
Main Author: | Cholidhea, Alma Syahara Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/183613/ |
Daftar Isi:
- Kegiatan belajar Desain Grafis Percetakan kelas XI MM di SMKN 5 Malang masih sering bersifat teacher centered sehingga menyebabkan siswa kurang aktif, mandiri, kerjasama dan prestasi belajar yang maksimal. Kurikulum 2013 tetap mempertahankan pembelajaran berlandaskan konstruktivisme yang lebih melibatkan siswa daripada guru, dengan model pembelajaran yang disarankan diantaranya Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) dapat meningkatkan keaktifan, kemandirian, kerjasama serta prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara penerapan PBL dan DL pada siswa kelas XI Multimedia SMKN 5 Malang. Jenis penelitian ini eksperimen menggunakan Pretest- Postest Group Design, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas XI Multimedia SMKN 5 Malang. Pengambilan sampel secara Random Sampling mendapatkan sampel siswa kelas XI MM 3 (30 siswa) sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MM 4 (30 siswa) sebagai kelas eksperimen 2. Uji statistika terdiri dari uji normalitas dengan menggunakan metode Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan metode Lavene’s, dan uji hipotesis beda rata-rata dengan menggunakan Independent Sample T Test, yang dilakukan pada taraf signifikansi 0,05. Uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi 0,000 dengan rata-rata nilai siswa pada kelas PBL lebih tinggi daripada DL sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dan DL berpengaruh pada keaktifan, kerjasama, kemandirian dan menghasilkan prestasi belajar PBL lebih tinggi daripada model DL.