Pengembangan Aplikasi Forum Diskusi E-Learning Untuk Programmer Pada Mata Pelajaran RPL Menggunakan Pendeketan Gamification (Studi Kasus SMKN 5 Malang)

Main Author: Maulana, Achmeddieo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/183491/1/Achmeddieo%20Maulana.pdf
http://repository.ub.ac.id/183491/
Daftar Isi:
  • Semakin berkembangnya internet sekarang dapat kita manfaatkan sebagai media infromasi dan ilmu pengetahuan. Website adalah kumpulan situs yang dapat dikunjungin oleh berbagai user setiap harinya melalui internet. Dengan adanya web saat ini, sangat membantu kita dalam hal mencari informasi dan bertukar informasi, hal ini merupakan salah satu kebutuhan dasar saat menggunakan web. Banyak sekolah yang saat ini memanfaatkan internet untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memodernisasi metode pembelajarannya. Semua yang dibutuhkan untuk bahan mengajar dapat diketahui dengan media internet, cara beIajar ini sering disebut Electronik Leaning (E-Learning). Namun masih banyak lembaga pendidikan yang masih menggunakan proses belajar mengajar secara konvensional atau belajar mengajar hanya dengan terjadinya pertemuan antara guru dan siswa, salah satunya SMK Negeri 5 Malang. Pada penelitian ini, dikembangkan sebuah aplikasi media pembelajaran yang memiliki fitur forum diskusi untuk melakukan proses diskusi diluar kegiatan belajar mengajar. Pengembangan aplikasi media pembelajaran ini menggunakan berbasis gamification agar dapat menarik perhatian siswa-siswi untuk terus menggunakan media pembelajaran tersebut. Proses pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan metode waterfall. Sistem yang dikembangkan memiliki 52 kebutuhan fungsional dan 1 kebutuhan non fungsional. Pengujian kebutuhan fungsional yang dilakukan yaitu pengujian black box dan white box dengan hasil 100% valid. Pengujian kebutuhan non-fungsional yang dilakukan yaitu pengujian compatibility dengan hasil 5 critical issues pada browser tersebut. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan forum diskusi e-learning untuk programmer pada mata pelajaran RPL menggunakan pendekatan gamification dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang akan membantu saat proses belajar mengajar dan juga mempermudah guru memberikan materi diluar jam pelajaran tersebut.