Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Informasi Pelayanan Publik Kota Malang Menggunakan Metode Human-Centered Design

Main Author: Eunike, Marjorie Tirza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/183473/
Daftar Isi:
  • Kota Malang menargetkan pada tahun 2020 bisa menerapkan sistem smart city dengan membuat aplikasi yang terintegrasi ke layanan publik dan menyajikan informasi layanan tersebut. Selain itu, Kota Malang memiliki misi untuk memastikan kepuasan masyarakat atas layanan publik. Pelayanan publik merupakan kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk. Pelayanan publik Kota Malang terbagi ke dalam beberapa bagian dan dinas dimana informasi-informasi tentang layanan tersebut tidak tertata dengan baik dan tidak terpusat. Aplikasi mobile menjadi solusi yang dapat menyatukan dan memusatkan informasi di satu tempat sehingga lebih mudah diakses. Informasi tersebut akan diakses melalui interface aplikasi yang merupakan bagian dari User experience. Perancangan user experience dari aplikasi informasi ini menggunakan metode Human-Centered Design karena dalam tahapan-tahapannya berfokus kebutuhan seluruh manusia yang terlibat dan menggunakan produk tersebut, tidak hanya pengguna dan juga tidak didominasi oleh keinginan dan keputusan stakeholder. Penelitian ini diawali dengan proses analisis konteks penggunaan sistem, menspesifikasikan kebutuhan pengguna, membuat dan mengevaluasi rancangan desain solusi untuk mencapai kebutuhan pengguna. Rancangan desain solusi berupa interactive prototype yang digunakan dalam proses evaluasi desain solusi. Evaluasi desain solusi dilakukan dengan melakukan usability testing kepada 15 partisipan dan mendapatkan nilai 91% untuk aspek effectiveness, 79% untuk aspek efficiency, dan 83% untuk aspek satisfaction. Nilai aspek satisfaction didapatkan dengan bantuan kuesioner Usefulness, Ease of Use, and Satisfaction (USE) yang mencakup empat parameter, yaitu usefulness, ease of use, ease of learn, dan satisfaction. Nilai usability yang dicapai adalah 84% dan nilai ini termasuk ke dalam kategori sangat baik.