Strategi Social Media Marketing Pada Usaha Kuliner KRR’s Otentik Malang

Main Author: Alghozy, Ridho
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/183389/1/SKRIPSI%20-%20Ridho%20Alghozy%20-%20Ridho%20Alghozy.pdf
http://repository.ub.ac.id/183389/
Daftar Isi:
  • Social media marketing adalah upaya untuk menggunakan media sosial guna membujuk konsumen kepada satu perusahaan, produk atau jasa yang berharga. Dasar dari perencanaan social media marketing masih tetap sama yaitu menggunakan segmenting, targeting, and positioning (STP) dan marketing mix. Tujuan penelitian kali ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan memberikan usulan strategi social media marketing menggunakan segmenting, targeting, and positioning (STP) dan marketing mix dengan sudut pandang media sosial. Objek dalam penelitian kali ini adalah KRR’s Otentik yang merupakan usaha pada bidang kuliner di Kota Malang. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana social media marketing yang telah dilakukan KRR’s Otentik selama ini, (2) Apa saja kendala social media marketing yang terjadi pada KRR’s Otentik, (3) Bagaimana strategi social media marketing yang dapat dilakukan KRR’s Otentik. Penelitian ini menggunakan metode campuran deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer maupun sekunder, perolehannya melalui wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Strategi social media marketing yang dilakuan KRR’s Otentik adalah melakukan segmentasi pasar, menentukan target pasar, penentuan posisi pasar, dan bauran pemasaran, (2) Kendala yang dihadapi antara lain kurangnya informasi terkait segmen saat ini dan segmen baru, kurang mengetahui ketertarikan konsumen, kurang mengetahui kepercayaan konsumen, dan kurang meningkatkan eksposur pada produk dan usaha, (3) Strategi social media marketing yang dapat dilakukan adalah lebih memperdalam lagi tentang segmen yang dituju, memprioritaskan pada hal yang lebih meberikan ketertarikan konsumen dan kepercayaan konsumen, dan meningkatkan eksposur produk dan usaha dengan fitur – fitur yang ada seperti ads dan insight pada media sosial.