Analisis Variabel Daya Saing UMKM Berbasis E-Commerce (Studi Kasus Sentra Industri Keripik Tempe Sanan Kota Malang)

Main Author: Mayasari, Rr. Chandra Setyowati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/183352/1/Rr.%20Chandra%20Setyowati%20Mayasari.pdf
http://repository.ub.ac.id/183352/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh Adopsi E-Commerce terhadap Daya Saing UMKM di Sentra Industri Keripik Tempe Sanan Kota Malang. Penelitian ini menggunakan data primer berupa pengisian kuisioner kepada responden yang merupakan pemilik UMKM Sentra Industri Keripik Tempe Sanan yang telah mengadopsi e-commerce. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Partial Least Square (PLS) dengan alat bantu SMARTPLS 3.0. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa variabel adopsi e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing UMKM. Variabel kontrol berupa sumber daya manusia dan lingkungan bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi e-commerce, variabel kontrol inovasi produk dan kualitas produk tidak memiliki hubungan positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap adopsi e-commerce. Sedangkan variabel sumber daya manusia, inovasi produk, dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap daya saing UMKM. Untuk variabel kontrol lingkungan bisnis memiliki pengaruh positif signifikan terhadap daya saing UMKM.