Analisis Two Step Cluster Untuk Segmentasi Pasar Produk Pulltea Di Wilayah Kota Malang (Studi Kasus Pada Universitas Brawijaya)

Main Author: Prigasera, Yudhantama
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/183279/1/0520090227%20-%20Yudhantama%20Frigasera.pdf
http://repository.ub.ac.id/183279/
Daftar Isi:
  • Kuliner adalah salah satu dari banyak daya tarik yang ditawarkan oleh Kota Malang. Pilihan kuliner di kota ini sangat beragam mulai dari jajanan tradisional sampai menu masakan luar negeri. Pulltea merupakan salah satu produk kuliner berupa minuman yang ada di Kota Malang. Perusahaan pulltea mengincar segmentasi pasar mahasiswa di kota Malang, sehingga pulltea hanya dijual di sekitar dan di dalam universitas saja. Pada aspek kewirausahaan, setiap konsumen memiliki keberagaman keinginan maupun karakter. Oleh karena itu, perlu adanya klasifikasi terhadap konsumen berdasarkan segmentasi yang sesuai. Menurut Kotler dan Keller (2009), segmentasi pasar dibagi menjadi empat jenis yakni: segmentasi demografis, geografis, psikografis, dan perilaku. Menurut Norusis (2004), two step cluster adalah analisis yang digunakan untuk melakukan pengelompokan objek dengan dua tahap pengelompokkan yaitu tahap preclustering dan tahap Hierarchical Cluster of Subcluster. Berdasarkan permasalahan tersebut, digunakan pendekatan analisis two step cluster untuk segmentasi konsumen pulltea di Universitas Brawijaya. Diharapkan penelitian ini menghasilkan cluster optimal yang terbentuk berdasarkan karakteristik tertentu yang dimiliki konsumen pada setiap cluster. Dengan cluster optimal yang diperoleh, dapat digunakan sebagai acuan bagi perusahaan Pulltea dalam peningkatan kualitas produk sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa di kota Malang.