Analisis Konjoin Untuk Menentukan Preferensi Mahasiswa Fmipa Terhadap E-Commerce (Perniagaan Elektronik)

Main Author: Rahim, Nurul Aini Fauzah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/183267/
Daftar Isi:
  • Analisis konjoin sebagai salah satu metode analisis statistik multivariat digunakan pada penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui preferensi mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya dalam memilih e-commerce. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan melakukan penyebaran kuisioner online berisi 25 stimuli kepada mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya angkatan 2016 – 2019 yang pernah melakukan pembelanjaan online. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ialah stratified random sampling dengan jumlah minimum mahasiswa yang digunakan sebagai sampel sebanyak 97 orang mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa saat akan memilih e-commerce guna melakukan pembelanjaan online, mahasiswa FMIPA Universitas Brawijaya mempertimbangkan perkiraan waktu pengiriman barang dengan harapan tidak lebih dari 4 hari pengiriman, kecepatan akses website e-commerce memiliki kecepatan yang cepat, terdapatnya asuransi pengembalian barang, tersedianya metode pembayaran menggunakan virtual account berupa e-banking / ATM transfer, produk yang dipasarkan e-commerce dapat dilihat melalui sosial media serta penawaran yang diberikan berupa pengiriman barang gratis (gratis ongkos kirim) untuk menarik konsumen dalam melakukan pembelanjaan online menggunakan e-commerce.