The Influence of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and Sales Promotion to Repurchase Intention of e-Wallet Users: Case Study of OVO in Sidoarjo

Main Author: Imas, Latifa Al Rosyidah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/183089/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi kegunaan penggunaan, perspektif kemudahan penggunaan, dan promosi penjualan terhadap minat pembelian ulang pengguna e-wallet di Sidoarjo, khususnya pengguna OVO. Karena pembayaran digital telah menjadi tren dalam 3 tahun terakhir di Indonesia, beberapa perusahaan pun mencoba untuk terjun ke dalam industri ini. Oleh sebab itu, OVO berkewajiban untuk meningkatkan minat pembelian ulang penggunanya sebagai tanda bahwa pengguna memiliki antusiasme dan minat terhadap layanan yang dimiliki OVO. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan apakah persepsi kegunaan penggunaan, perspektif kemudahan penggunaan, dan promosi penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian ulang pengguna OVO di Sidoarjo. Variabel yang digunakan di penelitian ini termasuk variabel independen yang mencakup Persepsi Kegunaan Penggunaan (X1), Perspektif Kemudahan Penggunaan (X2), Promosi Penjualan (X3), dan variabel dependen yang mencakup Minat Pembelian Ulang (Y). Pelaksanaan penelitian ini mengguanakan pendekatan kuantitatif karena penelitian ini termasuk Explatory Research yang digunakan untuk menentukan hipotesis tertentu. Selama proses pengumpulan data, kuesioner online yang menggunakan 5-point Likert Scale didistribusikan. Kriteria respoden penelitian ini adalah orang-orang yang menggunakan OVO dan berdomisili di Sidoarjo. Sampel yang diambil sebanyak 158 responden yang menggunakan OVO di Sidoarjo. Data penelitian ini dianalisis dengan Regresi Linier Berganda, uji-t sebagai pengujian hipotesis, dan IBM SPSS Statistics ver. 23.0 for Mac OS sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan dari persepsi kegunaan penggunaan, perspektif kemudahan penggunaan, dan promosi penjualan terhadap minat pembelian ulang.