Pengembangan Filter Partikulat Pm0.1 Berbasis Elektrostatis Tegangan Tinggi Arus Searah Untuk Sistem Pembuangan Emisi Sepeda Motor
Main Author: | Puspitasari, Octora Achbrinia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/183038/ |
Daftar Isi:
- Particulate Matter atau PM merupakan salah satu emisi yang dapat berasal dari sektor transportasi sebagai dampak dari peningkatan penggunaan kendaraan bermotor. Particulate Matter dengan diameter kurang dari 0.1 μm disebut partikel ultrafine. Konsentrasi partikel ultrafine banyak ditemukan di udara karena proses pembakaran di kendaraan bermotor. Partikel ultrafine, dapat berdampak pada kesehatan karena mampu terdeposisi di dalam sistem organ. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan filter berbasis elektrostatis untuk mengurangi konsentrasi partikel ultrafine yang diemisikan oleh sepeda motor. Filter dibuat dari plat alumunium dengan ketebalan 0,15 mm digunakan sebagai elektroda positif dan negatif. Plat alumunium ditempatkan pada bingkai filter akrilik dan dipasang pada knalpot sepeda motor. Terdapat empat buah filter partikulat yang berbeda dengan empat variasi jarak antar plat antara lain F1 14 mm, F2 12 mm, F3 10 mm, dan F4 8 mm. Rangkaian pengkondisi sinyal dirancang untuk mengubah tegangan arus searah 12 Volt dari aki sepeda motor menjadi 100 Volt, 200 Volt, 300 Volt, dan 400 Volt. Konsentrasi partikel ultrafine sebelum dan sesudah menggunakan filter diukur menggunakan P-Trak Ultrafine Particle Counter TSI, Model 8525. Pengukuran ini dilakukan selama 1 jam dengan interval waktu 5 menit. Dari hasil penelitian diketahui bahwa filter dapat mengurangi konsentrasi partikel ultrafine dengan efisiensi 11% hingga 55% tergantung pada jarak antar plat dan tegangan.