The Influence Of Hard Skill, Soft Skill, And Social Motive On The Work Readiness Of Accounting Students Of Universitas Brawijaya In The Industrial Revolution 4.0 Era

Main Author: Bhadraswara, Bagus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/182750/1/Bagus%20Bhadraswara.pdf
http://repository.ub.ac.id/182750/
Daftar Isi:
  • Bagi mahasiswa yang sedang menempuh studi akuntansi, era revolusi industri keempat diduga akan melahirkan banyak hal baru, yang nantinya dapat "mengganggu" eksistensi profesi ini. Oleh karena itu, profesi akuntan diharapkan dapat beradaptasi terhadap hal ini dan yang lebih penting lagi, universitas dan perguruan tinggi perlu mengubah dan merevolusi proses pembelajaran untuk dapat mengikuti irama cepat perkembangan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan kerja mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya di era revolusi industri 4.0 ditinjau dari aspek hard skill, soft skill, dan motif sosial. Pengambilan sampel dilakukan dengan pendekatan non probability sampling, teknik purposive. Sampel Penelitian ini terdiri dari 71 mahasiswa akuntansi universitas brawijaya tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda untuk menguji pengaruh hard skill, soft skill, dan motif sosial terhadap kesiapan kerja. Hasil penelitian menunjukan hard skill dan motif sosial berpengaruh signigikan terhadap kesiapan kerja, sementara soft skill tidak berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja. Secara teoritis semakin tinggi kompetensi hard skill, soft skill, dan motif sosial yang dimiliki oleh seorang mahasiswa semakin tinggi kesiapan kerja mahasiswa dalam mengahadapi dunia kerja di era revolusi industri 4.0. Namun dalam penelitian ini, kompetensi soft skill, tidak berpengaruh terhadap kesiapan kerja mahasiswa bisa terjadi karena berbagai sebab menyangkut proses pembelajaran dan aktivitas pendukung lainnya.