Pengaruh Religious Belief, Halal logo, dan Halal Product Knowledge Terhadap Purchase Intention yang dimediasi Halal Awareness (Studi pada konsumen produk minuman franchise di Malang)

Main Author: Anggraeny, Wanda Puspita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/182749/
Daftar Isi:
  • Perkembangan bisnis franchise saat ini sangat pesat. Meningkatnya peredaran produk minuman baik lokal maupun import di kalangan masyarakat belum tentu memberikan rasa aman, nyaman dan layak dikonsumsi oleh konsumen muslim karena syariat Islam mewajibkan kepada umat Islam untuk mengkonsumsi minuman yang halal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh sikap konsumen terhadap purchase intention. Sikap konsumen yang diteliti terkait dengan keyakinan agama, logo halal, pengetahuan produk halal dan kesadaran halal. Data didasarkan pada 189 sampel yang valid untuk menguji secara empiris model penelitian menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil hipotesis yang diajukan yaitu religious belief, halal awareness berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention. Halal logo dan halal product knowledge berpengaruh signifikan terhdap purchase intention. Halal awareness diharapkan mampu menjadi mediasi pada hubungan antar variabel. Hasil empiris ini diharapkan memberikan ide pengetahuan baru yang subtansial di bidang pemasaran terutama konsep konsumsi produk halal.