Penerapan Analisis Jalur Pada Kualitas Produk Dan Citra Merek Muson (Mushroom Noodle) Terhadap Kepercayaan Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening

Main Author: Aulia, Nadirah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/182691/
Daftar Isi:
  • Analisis jalur adalah metode yang digunakan untuk menganalisis hubungan kausalitas antar variabel eksogen dan variabel endogen. MUSON (Mushroom Noodle) merupakan produk baru makanan mi instan yang sedang berkembang. Sebagai produk baru, produsen harus mengamati perkembangan muson dari waktu ke waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan analisis jalur pada produk MUSON dengan menggunakan metode analisis jalur. Variabel yang digunakan pada penelitian ini antara lain: kualitas produk dan citra merek sebagai variabel eksogen, kepercayaan sebagai variabel endogen dan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada konsumen MUSON. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan dapat dijelaskan kualitas produk, citra merek dan kepuasan konsumen sebesar 74,5%, sedangkan sisanya sebesar 25,5% dijelaskan oleh variabel yang belum terdapat pada model. Kepuasan konsumen mampu menjadi variabel perantara. Kualitas produk berpengaruh secara langsung dan tidak langsung melalui variabel intervening (kepuasan konsumen) terhadap kepercayaan. Citra merek berpengaruh hanya secara langsung terhadap kepercayaan. Pengaruh terbesar untuk kepercayaan diberikan oleh kepuasan konsumen. Produsen produk MUSON (Mushroom Noodle) harus mempertahankan kepuasan konsumen karena sangat besar mempengaruhi kepercayaan dari konsumen.