Pengembangan Filter Partikulat Pm10 Berbasis Elektrostatis Tegangan Tinggi Arus Searah Untuk Sistem Pembuangan Emisi Sepeda Motor
Main Author: | Putra N., Moch. Agung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/182642/ |
Daftar Isi:
- Sepeda motor menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia. Pertumbuhan ini berkontribusi terhadap meningkatnya emisi kendaran bermotor yang mengandung gas dan Particulate Matter (PM) yang dapat menimbulkan efek terhadap kesehatan. PM10 merupakan partikulat yang memiliki diameter aerodinamis sekitar 2.5 μm hingga 10 μm. Filtrasi merupakan cara yang paling umum digunakan dalam mengurangi atau menghilangkan jumlah partikel yang dihasilkan oleh emisi kendaraan bermotor. Dalam penelitian ini telah dihasilkan sebuah sistem filtrasi PM10 berbasis elektrostatis dengan menggunakan tegangan tinggi arus searah yang dapat diaplikasikan ke sepeda motor. Filter dibuat menggunakan plat aluminium dengan ketebalan 0,15 mm sebagai probe anoda dan katoda. Terdapat empat buah variasi jarak antar plat, yakni: F1 dengan jarak 14 mm, F2 dengan jarak 12 mm, F3 dengan jarak 10 mm, dan F4 dengan jarak 8 mm. Tegangan yang berasal dari aki sebesar 12 V dikuatkan menjadi 100 V, 200 V, 300 V, dan 400 V dengan rangkaian pengkondisi sinyal. Pengujian dilakukan dengan mengukur konsentrasi PM10 sebelum dan sesudah melewati filter menggunakan Handheld Air Tester Hinaway CW-HAT200s. Hasil penelitian menunjukkan nilai efisiensi filter PM10 berkisar antara 22±4% hingga 70±6% bergantung pada jarak antar plat dan tegangan yang digunakan.