Peran Quality Of Life Sebagai Mediasi Pengaruh Perceived Value Dan Tourist Satisfaction Terhadap Behavior Intention (Studi Pada Wisatawan Gunung Bromo)

Main Author: Berutu, Meta Bara
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/182524/1/186020200111012.%20-%20Meta%20Berutu.pdf
http://repository.ub.ac.id/182524/
Daftar Isi:
  • Pariwisata adalah salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan merupakan salah satu mesin pembangunan global, termasuk di Indonesia. Penelitian ini akan melihat aspek-aspek penting yang dapat mempengaruhi perilaku wisatawan mengenai tempat wisata. Responden dalam penelitian ini adalah wisatawan yang pernah mengunjungi Gunung Bromo dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 240 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data dianalisis dengan PLS-SEM. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa perceived value dan tourist satisfaction memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap behaviour intention, serta quality of life yang dapat menjadi mediator antara variabel independen dan dependen, dan menyatakan bahwa kualitas hidup adalah salah satu aspek yang dapat ditingkatkan dari sisi emosional yang mempengaruhi banyak aspek, sehingga wisatawan dapat melakukan kunjungan kembali dan word of mouth di Gunung Bromo untuk memenuhi target wisata yang ditentukan. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian yang lebih luas dengan mempertimbangkan aspek kualitas hidup di tingkat keluarga, masyarakat, dan negara.