Peranan Perubahan Nilai Berjilbab Syar’i Dalam Implementasi Strategi Dan Efeknya Terhadap Kinerja Bisnis Pada Usaha Kecil Jilbab (Studi Kasus Pada Faiz Collection Di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik)
Main Author: | Aslamiyah, Suaibatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/182461/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan makna perubahan nilai berjilbab syar’i di masyarakat dan pandangan yang mendasari implementasi strategi diferensiasi-fokus melalui pengembangan produk, dan pengembangan pasar oleh pengusaha jilbab serta efeknya dalam meningkatkan kinerja bisnis pada usaha kecil jilbab Faiz Collection di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa makna perubahan berjilbab syar’i berkaitan dengan nilai-nilai pada jilbab. Nilai pertama adalah nilai budaya; merupakan nilai yang bersumber dari kecenderungan perilaku mayoritas masyarakat Indonesia saat ini, yang dibentuk oleh: (1) sistem religi/ kepercayaan, (2) sistem organisasi sosial, dan (3) sistem pengetahuan. Nilai kedua adalah nilai jilbab; bersumber dari norma-norma dalam penggunaan jilbab, yang dibentuk oleh: (1) sistem religi/ kepercayaan, (2) norma masyarakat, (3) persyaratan, dan (4) manfaat. Nilai ketiga adalah nilai bisnis; merupakan nilai yang bersumber dari peluang bisnis yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, yang dibentuk oleh: (1) nilai konsumen, dan (2) nilai produsen. Nilai-nilai tersebut mendasari perubahan dalam implementasi strategi diferensiasi-fokus oleh pengusaha jilbab. Salah satu bentuk dari perubahan implementasi strategi tersebut adalah pembuatan produk yang berasal dari perubahan kebutuhan konsumen, yakni membuat jilbab syar’i yang sebelumnya tidak diproduksi atau hanya membuat jilbab standar. Efek perubahan kebutuhan pada jilbab yang beralih pada jilbab syar’i terhadap kinerja bisnis, salah satu yang terlihat adalah pada meningkatnya jumlah penjualan yang mencapai dua kali lipat dibandingkan pada jilbab standar. Penelitian ini menegaskan bahwa dalam mengimplemensikan strategi, perubahan lingkungan eksternal memberikan efek terhadap kinerja bisnis, sehingga dibutuhkan upaya pengembangan produk dan pengembangan pasar. Penelitian ini juga memverifikasi bahwa nilai religi yang terdapat pada jilbab merupakan nilai dominan yang mempengaruhi kebutuhan pada pemilihan mode jilbab.