The Study On Mobile Banking Application Use: One Perspective Of Utaut2
Main Author: | Wirantama, Yoga |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/182451/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ekspektasi kinerja (performance expectancy), ekspektasi usaha (effort expectancy), sosial (social influence), kondisi yang memfasilitasi (facilitating conditions), motivasi hedonis (hedonic motivation), nilai harga (price value) dan kebiasaan (habit) terhadap niat perilaku. untuk menguji pengaruh kebiasaan (habit), persepsi resiko (risk) dan niat perilaku (behavioral intention) terhadap perilaku penggunaan M-banking. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Aktif Strata Satu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya (UB) yaitu sekitar 3.000 orang dengan jumlah sampel sebanyak 364. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan ekspektasi kinerja (performance expectancy), ekspektasi usaha (effort expectancy), kondisi yang memfasilitasi (facilitating conditions), dan kebiasaan (habit) terhadap niat perilaku. Adapun sosial (social influence), motivasi hedonis (hedonic motivation) dan nilai harga (price value) secara langsung dan tidak signifikan terhadap niat perilaku. Hasil analisis dapat diketahui bahwa kebiasaan (habit) secara langsung dan tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan M-banking sedangkan persepsi resiko (risk) dan niat perilaku (behavioral intention) secara langsung dan signifikan berpengaruh terhadap perilaku penggunaan M-banking. Hasil uji moderasi menunjukkan bahwa usia tidak memperkuat pengaruh eskpektasi kinerja, ekspektasi usaha, sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, nilai harga dan kebiasaan terhadap niat perilaku dalam menggunakan mbanking. Jenis kelamin tidak memperkuat pengaruh eskpektasi kinerja, ekspektasi usaha, sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis dan nilai harga terhadap niat perilaku dalam menggunakan m-banking. Namun demikian jenis kelamin memperkuat pengaruh kebiasaan terhadap niat perilaku dalam menggunakan mbanking. Pengalaman tidak memperkuat pengaruh, sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis, dan kebiasaan terhadap niat perilaku dalam menggunakan m-banking. Namun demikian jenis pengalaman memperkuat pengaruh ekspektasi usaha terhadap niat perilaku dalam menggunakan m-banking.