Pengaruh Isi Pesan Akun Instagram @Okuikopi Terhadap Minat Beli

Main Author: Saputri, Yulida Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/182242/1/Yulida%20Dwi%20Saputri%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/182242/
Daftar Isi:
  • Isi pesan adalah suatu informasi terkait suatu hal yang akan disampaikan oleh komunikator. Pada literatur (Kotler & Amstrong, 2008) menjelaskan bahwa ketika menyusun pesan, personel komunikasiapemasaran harus memutuskan apa yang harus dikatakan (isi pesan) dan cara mengatakannya (struktur). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh isi pesan instagram @okuikopi terhadap minat beli pengikut aktif instagram @okukopi. Variabel independen (X) dalam penelitian ini yakni Isi pesan dengan indikatornya yaitu Daya tarik rasional (rational appeals) dan Daya tarik emosional (emotional appeals) sedangkan variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah Minat beli dengan indikatornya yakni Attention, Interest, Desire dan Action. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut aktif instagram @okuikopi dengan jumlah sampel sebanyak 99 responden. survey dilakukan secara online melalui link google form yang telah disebar melalui direct message kepada followers aktif instagram @okuikopi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan uji T. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel isi pesan (X) yang terdiri atas daya tarik rasional (rational appeals) dan daya tarik emosional (emotional appeals) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli (Y).