Perbaikan Aspek Operasional Berbasis Hasil Pengukuran Kinerja PDAM Kota Malang dengan Metode Balanced Scorecard
Main Author: | Verdiyanti, Anindha Septian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/182219/ |
Daftar Isi:
- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sebagai sarana penyedia air bersih yang diawasi dan dimonitor oleh aparat-aparat eksekutif maupun legislatif daerah. Sebagai perusahaan daerah PDAM diberi tanggungjawab untuk mengembangkan dan mengelola sistem penyediaan air bersih serta melayani semua kelompok konsumen dengan harga yang terjangkau. PDAM Kota Malang tentu memiliki visi misi perusahaan yang ingin dicapai. Untuk dapat mengetahui sejauh mana visi misi perusahaan telah tercapai maka diperlukan adanya pengukuran kinerja. Dari pedoman pengukuran kinerja yang berasal dari keputusan Menteri Dalam Negeri diketahui bahwa terjadi penurunan pada aspek operasional. Selain itu, akan ada rencana perubahan sasaran perusahaan sehingga diperlukan adanya pengukuran kinerja secara keseluruhan baik dari segi financial maupun nonfinancial untuk mengetahui penyebab indikator yang kinerjanya menurun serta dijadikan bahan evaluasi agar kinerja perusahaan dapat terus meningkat. Penelitian ini menggunakan balanced scorecard yang terdiri dari perspektif financial, perspektif customer, perspektif internal business process, dan perspektif learning and growth untuk mengetahui akar penyebab permasalahan untuk indikator yang kinerjanya masih belum mencapai target perusahaan. Dalam penelitian ini dilakukan identifikasi strategy objective, pembuatan strategy map, identifikasi key performance indicator, pembobotan antar perspektif, strategy objective, dan KPI, perhitungan skor pencapaian kinerja menggunakan objective matrix dan traffic light system, serta memberikan rekomendasi perbaikan dari KPI yang berada pada kategori merah dan kuning. Hasil dari penelitian ini adalah pengukuran kinerja PDAM Kota Malang pada tahun 2018 menunjukkan nilai current performance indicator sebesar 7,042 yang termasuk dalam kategori kuning. Artinya kinerja yang dimiliki perusahaan sudah cukup baik namun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki untuk kedepannya. Terdapat 15 strategy objective dan 43 KPI yang digunakan untuk melakukan pengukuran kinerja. Terdiri dari 5 KPI perspektif financial, 10 KPI perspektif customer, 19 KPI perspektif internal business process, dan 9 KPI perspektif learning and growth. Berdasarkan traffic light system diperoleh rincian 3 KPI kategori merah, 11 KPI kategori kuning, dan 29 KPI kategori hijau. Untuk KPI yang berada pada kategori merah dan kuning selanjutnya dilakukan analisis lebih lanjut untuk mengetahui penyebab KPI tersebut belum mencapai target perusahaan dengan menggunakan root cause analysis. Berdasarkan hasil identifikasi dengan RCA diperoleh sebanyak 13 rekomendasi perbaikan yang diberikan dari hasil pengukuran kinerja yang telah dilakukan.