Pengaruh Bauran Pemasaran 7p Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di Hayaku Steamboat And Yakiniku Sigura-Gura Malang)
Main Author: | Pradana, Devi Kusuma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/182054/ |
Daftar Isi:
- Hayaku Steamboat and Yakiniku merupakan kuliner yang menyajikan menu Yakiniku dan Steamboat sebagai sajian utamanya. Yakiniku adalah irisan daging sapi tipis yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang. Sedangkan steamboat merupakan makanan rebusan yang dihidangkan dengan kuah kaldu yang berisi daging sapi, bakso ikan, crab stick, sosis, tahu, sayuran, dan lain sebagainya. Hayaku memberikan pengalaman kepada setiap pengunjung untuk dapat memasak sendiri menu yang dipesan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (i) karakteristik konsumen, (ii) mengetahui penerapan bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) , dan (iii) pengaruh bauran Pemasaran 7Ps terhadap terhadap kepuasan konsumen di Hayaku Steamboat and Yakiniku Sigura-gura Malang. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perusahaan, dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan mengembangkan pemasaran produk dan mengaplikasikan strategi pemasaran yang sesuai dan dapat meningkatkan penjualan. Bagi pihak lain, penelitian ini dapat dijadikan referensi dan menambah wawasan. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Hayaku Steamboat and Yakiniku Sigura-gura Malang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2020 - 13 Februari 2020 di Hayaku Steamboat and Yakiniku Sigura-gura Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan accidental sampling dengan menyebarluaskan URL google form ke berbagai media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Twitter, dan Line serta mengambil data langsung ditempat. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji. Pada penelitian ini didapat sampel sebanyak 121 orang. Data dianalisis secara kuantitatif, meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisi faktor, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji t, dan uji f menggunakan software SPSS IMB statistic. Berdasarkan hasil dari analisis faktor, maka terbentuk 5 faktor baru dari 28 variabel bauran pemasaran yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Faktor pertama adalah indeks Kesesuaian dan Kemudahan dari Restoran yang terdiri dari variabel rasa produk, variasi produk, akses, waktu tempuh, media promosi online, kesesuaian dengan prosedur yang ada, kemudahan saat melakukan pembayaran, desain eksterior, dan alat. Faktor kedua adalah indeks Promosi Restoran yang terdiri dari variabel lokasi, tempat parkir, frekuensi promosi online, frekuensi promosi offline, media promosi offline. Faktor ketiga adalah indeks Harga dan Pembayaran yang terdiri dari variabel penyajian produk, potongan harga, tingkat harga, pembayaran, dan membership. Faktor keempat adalah indeks Cepat Tanggap Pelayanan yang terdiri dari porsi produk, pelayanan yang cepat, waktu penyediaan produk, desain interior, dan sarana dan prasarana. Faktor kelima adalah indeks Sikap, Pelayanan, Penampilan, dan Pengetahuan Karyawan yang terdiri dari variabel sikap dan perilaku karyawan terhadap konsumen, pelayanan karyawan terhadap konsumen, penampilan karyawan, pengetahuan karyawan tentang produk yang ditawarkan. Hasil regresi berganda menunjukkan bahwa variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi kepuasan konsumen di Hayaku Steamboat and Yakiniku Sigura-gura Malang. secara individu terdapat 3 variabel yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen yaitu indeks Kesesuaian dan Kemudahan dari Restoran, indeks Promosi Restoran dan indeks Harga dan Pembayaran. Sedangkan variabel usia konsumen dapat menurunkan kepuasan konsumen di Hayaku Steamboat and yakiniku. Berdasarkan hasil penelitian ditarik beberapa kesimpulan Karakteristik responden konsumen Hayaku Steamboat and Yakiniku Sigura-gura Malang.mayoritas berjenis kelamin perempuan, dengan usia 21-30 tahun, tingat pendidikan sarjana, pendapatan per bulannya < Rp 3000.000,00 dan frekuensi pembelian tidak menentu Penerapan bauran pemasaran 7P’s (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) terbentuk menjadi 5 strategi baru yang berupa lima indeks. Indeks kesesuaian dan kemudahan dari restoran merupakan prioritas utama penerapan bauran pemasaran 7P. Indeks promosi restoran merupakan strategi utama kedua dan indeks harga dan pembayaran, indeks cepat tanggap pelayanan dan terakhir indeks sikap, pelayanan, penampilan, dan pengetahuan karyawan merupakan strategi penerapan bauran pemasaran 7P yang kurang diterima konsumen. Kepuasan konsumen dipresentasikan terutama oleh indeks kesesuaian dan kemudahan dari restoran, indeks promosi restoran, indeks harga dan pembayaran yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen masing-masing sebesar 4,13%, 2,08% dan 3,69% sedangkan usia konsumen dapat menurunkan kepuasan konsumen sebesar 5,7% di Hayaku Steamboat and Yakiniku. Saran dalam penelitian ini diharapkan untuk meningkatkan perhatian kebutuhan konsumen dengan melakukan komunikasi yang baik untuk meningkatkan kepuasan konsumen di Hayaku Steamboat and Yakiniku.