Rancang Bangun Platform Sistem Informasi Dan Manajemen Inventori Berbasis Web (Studi Pada Toko Pakan Ternak Pada Ud. Dian Taruna Di Kota Blitar)

Main Author: Hendrawan, Bakat Ari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/182018/
Daftar Isi:
  • Pencatatan informasi dan pengendalian persediaan barang sangatlah penting dalam menjalankan usaha yang bergerak pada bidang industri pakan ternak. Toko UD Dian Taruna adalah toko yang menjual berbagai produk-produk pakan berbagai ternak, seperti pakan ternak untuk sapi, kambing, ayam, bebek dan sebagainya. Penelitian ini penting dilakukan untuk merancang dan membangun platform sistem informasi dan manajemen inventori (SIMI) berbasis website pada toko UD Dian Taruna, pengaplikasikan platform (SIMI) berbasis website pada toko UD Dian Taruna, mengetahui hasil yang didapatkan setelah menggunakan platform (SIMI) berbasis website pada toko UD Dian Taruna untuk mengikuti perkembangan teknologi internet dan computer. Dengan penelitian ini akan mempermudah UD Dian Taruna dalam hal transaksi penjualan-pembelian, pengecekan stok gudang, pembuatan laporan secara cepat dan tepat. Penelitian dilakukan di Toko UD Dian Taruna yang berada di Kelurahan Pakunden Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. Dengan kisaran waktu selama 1 bulan dari tanggal 27 Januari 2020 hingga 27 Februari 2020. Responden dalam penelitian ini berjumlah 12 orang dengan wawancara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dan metode pengumpulan data menggunakan data primer dan dan sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis secara deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam merancang dan membangun sistem adalah metode siklus hidup sistem (System Life Cycle) terbagi atas lima tahapan, empat tahapan pertama ialah tahap pengembangan (System Development Life Cycle/SDLC) yaitu terdiri dari tahap perencanaan, analisis kebutuhan, perancangan, implementasi dan tahap kelima/terakhir adalah tahap penggunaan dan pengujian. Pengujian pada tahap penggunaan sistem informasi dilakukan dengan metode black box dan analisis deskriptif pada sistem hitung EOQ (Economic Order Quantity). Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif pada sistem hitung EOQ menunjukan bahwa metode EOQ dapat mengurangi total biaya persediaan bahan baku pollard dan kulit kedelai sebesar Rp. 1.131.456,39,- atau 9,75% dari biaya persediaan aktualnya pada tahun 2019. Hal tersebut menunjukan bahwa metode EOQ lebih optimal dibandingkan dengan kebijakan pengendalian persediaan UD Dian Taruna. Hasil hitung EOQ untuk pollard menunjukkan rata-rata kuantitas per pesanan sebesar 3.839,51 kg dengan frekuensi sebanyak 175 kali dan safety stock sebesar 13.083,38 kg serta reorder point sebesar 22.520,31 kg. EOQ untuk kulit kedelai rata-rata sebesar 2.110,08 kg dengan frekuensi sebanyak 83 kali dan safety stock sebesar 6464,71 kg serta reorder point sebesar 8585,26 kg. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan dihasilkannya sofware yang bernama Sistem Informasi dan Menajemen Inventori (SIMI) pada UD Dian Taruna yang dapat diakses pada halaman website diantaruna.com kegiatan produksi lebih canggih. Metode EOQ dapat mengoptimalkan pengendalian persediaan bahan baku UD Dian Taruna. Hasil optimal yang didapatkan berdasarkan metode EOQ antara lain adalah terjadi penambahan kuantitas safety stock dan biaya penyimpanan untuk pollard 15,07% dan kulit kedelai 102,73%. Safety stock untuk titik pemesanan kembali pollard sebesar 13.083,38 kg dalam waktu tunggu 0,166/bulan dan kulit kedelai sebesar 6.464,71 kg dalam waktu tunggu 0,133/bulan. Berdasarkan metode EOQ pada SIMI, pada kondisi optimal terjadi penghematan biaya persediaan dimana untuk pollard harus dikurangi sebesar Rp. 2.213.452,- atau 23,83% dan kulit kedelai perlu ditingkatkan sebesar Rp. 1.081.996,- atau 46,82% dari biaya persediaan aktualnya pada tahun 2019. Sistem Informasi dan Manajemen Inventori (SIMI) ini masih dapat dikembangkan lebih lanjut, dapat ditambahkan fasilitas-fasilitas lain yang belum ada dalam sistem seperti proses retur barang. Sedangkan untuk website masih banyak yang bisa dikembangkan lagi seperti penambahan blog informasi mengenai UD Dian Taruna dan melakukan promosi penjualan secara online.