Agenda Building-Information Subsidies Melalui Press Release (Studi Analisis Isi Kuantitatif Press Release Public Relations Kementerian Keuangan Periode 1 Agustus 2019-30 September 2019 Terhadap Agenda Media Kompas.Com Periode 1 Agustus 2019-30 September 2019)

Main Author: Cahyarani, Dymi Marsa Levina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/182007/1/Dymi%20Marsa%20Levina%20Cahyarani%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/182007/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat aktivitas public relations Kementerian Keuangan berdasarkan teori Agenda Building-Information subsidies berdasarkan press release yang diunggah pada website resmi Kementerian Keuangan periode 1 Agustus 2019-30 September 2019 terhadap pemberitaan Kompas.com tentang Kementerian Keuangan pada periode 1 Agustus 2019-30 September 2019. Peneliti ingin membuktikan bahwa teori Agenda Building-Information Subsidies dapat digunakan untuk mengukur efektifitas informasi press release terhadap pemberitaan media. Peneliti juga ingin melihat tingkatan Agenda Building-Information Subsidies yang dilakukan Kementerian Keuangan sebagai salah satu instansi yang mendapatkan penghargaan News Maker of The Year 2019 dan press release terbaik pada AMH 2019. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan unit analisis tematik dan referensial. Tema yang digunakan merupakan adopsi dari PMK 234 tahun 2015 antara lain kegiatan kementerian keuangan; anggaran pusat dan daerah; pajak; bea cukai; pembiayaan, perbendaharaan, dan risiko; kekayaan negara; pengawasan internal lingkungan Kementerian Keuangan; kebijakan fiskal; pendidikan dan pelatihan keuangan; sistem TIK dan Elektronik. Serta melihat tone pemberitaan menggunakan alat ukur positif, netral, dan negatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin banyak tema yang dibahas Kementerian Keuangan, maka semakin sedikit tema tersebut diadopsi oleh Kompas.com. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa semakin banyak tone positif pada press release akan diikuti dengan semakin banyak tone positif pada pemberitaan Kompas.com.