Pengaruh Social Media Marketing Starbucks Cups Of Courage Melalui Akun Instagram Starbucks Indonesia Terhadap Minat Beli Followers

Main Author: Callista, Christabella Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/181982/1/Christabella%20Putri%20Callista.pdf
http://repository.ub.ac.id/181982/
Daftar Isi:
  • Perusahaan melakukan komunikasi pemasaran melalui teknologi internet yang bersifat interaktif sebagai sarana penyampaian informasi kepada konsumen. Salah satu sarana untuk melakukan pemasaran produk atau jasa melalui media digital, yaitu social media marketing. Social media marketing merupakan bentuk pemasaran langsung atau tidak langsung yang digunakan untuk membangun kesadaran, pengenalan, pengingatan kembali, dan pengambilan aksi terhadap produk atau jasa. Salah satu platform social media yang sering digunakan dalam social media marketing adalah Instagram. Komunikasi pemasaran melalui social media dapat berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini berfokus pada social media marketing Instagram Starbucks Indonesia dalam penjualan produk serta program kampanye Starbucks Cups Of Courage. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh social media marketing Starbucks Cups Of Courage melalui akun Instagram Starbucks Indonesia terhadap minat beli followers. Pada penelitian ini indikator yang digunakan untuk mengukur variabel independen, yaitu context, communication, colaboration, dan connection. Sedangkan, indikator dari variabel dependen, yaitu minat transaksional, minat referensial, minat preferensial, dan minat eksploratif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner online dan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa context merupakan indikator social media marketing yang paling dominan dan berpengaruh terhadap minat beli followers. Berdasarkan uji hipotesis secara simultan social media marketing memiliki pengaruh terhadap minat beli followers.