Analisis Implementasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Dinoyo (Sakdino) Tahun 2017- 2018
Main Author: | Lestari, Baladhika Puji |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/181973/1/Baladhika%20Puji%20Lestari.pdf http://repository.ub.ac.id/181973/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berfokus pada implementasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Kelurahan Dinoyo atau bisa disebut dengan Aplikasi SAKDINO. Penelitian ini dilakukan di kantor Kelurahan Dinoyo dan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan implementasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependuudkan Kelurahan Dinoyo ( SAKDINO) di Kelurahan Dinoyo. Pada penelitian ini peneliti menggunakan model implementasi yang dikemukakan oleh George Edward III yang terdiri dari 4 variabel utama yajni komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara dan kajian dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi Sistem Administrasi Kependudukan Kelurahan Dinoyo atau aplikasi SAKDINO masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan masih belum memenuhi indikator Implementasi yang dikemukakan Oleh George Edward III, diantaranya adalah masih kurangya sosialisasi yang diberikan dan masih belum adanya konsistensi tentang penggunaan aplikasi. Selanjutnya dari segi sumber daya masih terdapat pula kekurangan yakni dari sumber daya manusia, sumber daya peralatan serta dari segi sumber daya anggaran. Dan yang terakhir adalah masih belum adanya SOP yang berfungsi sebagai pedoman mengatur jalannya aplikasi ini. Sedangkan dari segi disposisi sudah tergolong baik dikarenakan sebagian besar aktor mendukung adanya aplikasi SAKDINO ini namun masih ada beberapa yang kurang tertarik dikarenakan kurangnya pemahaman tentang teknologi.