Perancangan Desain Kemasan Kopi Siap Minum Menggunakan Metode Kansei Engineering
Main Author: | Kilin, Nadya Thalia Gabriella |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/181582/1/NADYA%20THALIA%20GABRIELLA%20KILIN%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/181582/ |
Daftar Isi:
- Indonesia merupakan negara produsen kopi keempat terbesar dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Colombia. Peningkatan taraf hidup masyarakat di Indonesia menyebabkan pergeseran dalam pola mengkonsumsi kopi, khususnya pada kawula muda yang lebih memilih mengkonsumsi kopi siap minum. Kopi siap minum merupakan minuman kopi dalam kemasan yang cepat dan praktis. Kemasan menjadi hal penting pada produk kopi siap minum karena berperan sebagai daya tarik konsumen. Tujuan penelitian adalah mengetahui rancangan desain kemasan kopi siap minum yang sesuai dengan keinginan konsumen berdasarkan metode kansei engineering. Kata kansei sebanyak 20 pada metode kansei engineering dalam penelitian ini digunakan untuk menerjemahkan perasaan 40 responden secara psikologis terhadap 16 sampel produk kopi siap minum. Data diperoleh dengan cara memberikan kuesioner kepada responden, yaitu konsumen kopi siap minum yang berusia 17 tahun ke atas dan pernah membeli dan mengkonsumsi kopi siap minum. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala semantic differential 1-5 yang menunjukkan kesesuaian perasaan dan citra responden terhadap desain kopi siap minum. Korelasi Pearson dan nilai cronbach’s alpha kemudian dihitung untuk menguji validitas dan reliabilitas kata kansei. Analisis dilanjutkan dengan analisis faktor dan konjoin untuk mengetahui hubungan antara elemen desain (bahan, bentuk, warna, label) dengan kata kansei yang terdapat pada faktor baru yang terpilih, isehingga dapat memberikan konsep desain kemasan kopi siap minum sesuai dengan keinginan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kombinasi desain kemasan kopi siap minum yang disukai konsumen yaitu kombinasi bentuk kotak, bahan plastik, label stiker printing, dan warna transparan. Kata kansei yang mendukung kombinasi tersebut adalah kata kansei modern, menarik, awet, elegan, ciri khas, dan inovatif. Keseluruhan elemen desain berdasarkan nilai importance value yang diprioritaskan konsumen berturut-turut adalah label (27,653), bentuk (25,825), bahan (25,064), dan warna (21,459). Saran berdasarkan penelitian perancangan desain kemasan kopi siap minum menggunakan metode kansei engineering ini adalah bahan yang didapatkan dari hasil penelitian ini masih menggunakan bahan yang tidak ramah lingkungan sehingga bahan kemasan yang ramah lingkungan perlu dipertimbangkan untuk penelitian selanjutnya. Perbaikan untuk metode kansei engineering tipe 1 juga diperlukan dengan melakukan survei sebelum menentukan kata kansei yang akan digunakan dalam kuesioner