Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Marning Jagung Dan Kualitas Layanan Ud Cahaya Dengan Metode Importance Performance Analysis (Ipa) Dan Customer Satisfaction Index (Csi)
Main Author: | Vriscilla, Vanessa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/181564/1/Vanessa%20Vriscilla%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/181564/ |
Daftar Isi:
- Permintaanprodukmarningjagung yang besarmengakibatkanadanyapersainganantar industri marning jagung semakinketat. Salah satu perusahaan yang memproduksi marning jagung di Kota Malang adalah UD Cahaya. Masalah yang dihadapi oleh UD Cahaya adalah terkait ketahanan kemasan yaitu masih terdapat produk yang tidak tersegel dengan benar yang mengakibatkan udara yang melindungi produk keluar dari kemasan. Selain itu masalah kehandalan perusahaanterkait tidak adanya informasi keterlambatan pengiriman pesanan kepada pelanggan yang menyebabkan kepuasan konsumen menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut kualitas produk dan layanan yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan kualitasnya serta menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut produk dan layanan. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 120 responden yang merupakan konsumen atau pelanggan marning jagung Cahaya. Analisis data yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI).Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah citra rasa, harga, warna, kerenyahan, masa kadaluarsa, ketahanan kemasan, kemasan menarik, keamanan kemasan, kemasan praktis, kontaminasi produk, kebersihan outlet, luas parkiran, pelayanan yang cepat, proses transaksi, kehandalan karyawan, ketersediaan produk, perhatian karyawan dan keramahan karyawan. Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut-atribut yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan peningkatan kinerjanya viiadalah atribut yang masuk pada kuadran I yaitukebersihandankerapianoutlet, kehandalankaryawandalammemberikaninformasi, ketersediaanproduk di outlet, perhatiankaryawankepadapelanggan, ramahterhadappelanggan. Atribut yang menjadi prioritas kedua untuk ditingkatkanadalah atribut yang masuk pada kuadran III antara lain masakadaluarsamarningjagung, kemasanmarningjagungmenarik, tempatparkir yang luasdanaman, dankaryawanmelayanikeluhanpelanggandengancepat. Atribut yang perludipertahankankualitasnyaadalahatributpada kuadran II dan kuadran IV antara lain citra rasa marningjagung, warnamarningjagung, keamananbahankemasan, kepraktisankemasan, kontaminasifisikproduk, proses transaksi yang cepatdanmudah, hargamarningjagung, kerenyahanmarningjagungdankemasan yang tidakmudahrusak. AnalisisCustomer Satisfaction Index (CSI) nilaikepuasankonsumenterhadapprodukmarning jagung danlayanan UD Cahayaadalahsebesar 85%, yang berartisecarakeseluruhankonsumenmerasasangatpuasterhadapk ualitasprodukmaupunlayanan UD Cahaya.Hubungan analisis IPA dan CSI adalah analisis IPA menunjukannilai rata-rata tingkatkesesuaiansebesar 101% dannilaianalisis CSI sebesar 85% yang berarti rata-rata keseluruhanatributsudahmelebihiharapankonsumensehinggaseca rakeseluruhankonsumenmerasapuasterhadapkinerjaproduk marning jagungdanlayananUDCahaya