Analisis Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk “Brady Mozzarella” (Studi Kasus Pada Cv. Brawijaya Dairy Industry, Junrejo, Batu)
Main Author: | Nurcahyono, Riyan Arif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/181555/1/RIYAN%20ARIF%20NURCAHYONO%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/181555/ |
Daftar Isi:
- Pada era teknologi saat ini bermunculan banyak media sosial sebagai sarana interaksi yang cepat. Salah satu manfaat media sosial adalah sebagai media promosi barang dan jasa. CV. Brawijaya Dairy Industry merupakan salah satu UKM di Kota Batu yang mengolah susu sapi menjadi keju mozzarella dengan nama Brady Mozzarella. CV. Brawijaya Dairy Industry melakukan promosi produk dengan menggunakan media sosial instagram. Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video yang memberikan fasilitas untuk mengunggah dan berbagi dengan pengikut dan teman-teman di instagram. Akun instagram @tukang.keju merupakan akun yang digunakan untuk mempromosikan produk Brady Mozzarella. Setiap kegiatan CV. Brawijaya Dairy Industry memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah efektivitas media sosial instagram sebagai media promosi Brady Mozzarella dan untuk mengetahui dimensi EPIC yang menjadi prioritas utama dalam melakukan promosi. Efektivitas komunikasi dapat mempengaruhi keberhasilan efektivitas media promosi. EPIC model merupakan alat ukur efektivitas dengan pendekatan komunikasi yang dikembangkan oleh AC Nielsen, salah satu perusahaan peneliti pemasaran terkemuka dunia, yang mencakup empat dimensi kritis, yaitu: empathy, persuasion, impact, dan communication. EPIC model dapat mengetahui dimensi kritis yang perlu dilakukan evaluasi dan ditingkatkan dalam melakukan kegiatan promosi. Hasil analisis efektivitas promosi yang dilakukan dengan EPIC model pada akun @tukang.keju menghasilkan nilai EPIC sebesar 3,599 dan promosi telah berjalan efektif. Dimensi yangxiv mendapatkan nilai paling tinggi adalah dimensi communication dan dimensi dengan nilai paling rendah adalah dimensi empathy. Sehingga dimensi empathy merupakan dimensi yang harus dijadikan prioritas utama untuk ditingkatkan karena memiliki nilai terendah dari pada dimensi EPIC yang lain