Analisis Pengaruh Store Atmosphere, Promosi, Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian Permen Cokelat (Studi Kasus Di Kampung Cokelat – Blitar)

Main Author: Kurnia, Benydiktus Yoga
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/181553/1/BENYDIKTUS%20YOGA%20KURNIA%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/181553/
Daftar Isi:
  • Kampung Cokelat merupakan perusahaan baru yang bergerak di bidang wisata edukasi dan kuliner. Perkembangan industri pangan yang pesat menimbulkan persaingan yang ketat, dimana ditandai dengan munculnya berbagai produk yang menawarkan kualitas serupa di pasar. Kampung cokelat perlu mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian agar mampu bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis. Keputusan pembelian tidak hanya didasari oleh nilai fungsi awal dari produk, tetapi juga store atmosphere, promosi, dan store image. Metode Partial Least Square (PLS) yang digunakan dapat menganalisis hubungan variabel-variabel dalam penelitian, serta menentukan faktor-faktor yang harus menjadi prioritas perhatian perusahaan dalam upaya peningkatan pembelian produk. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 96 responden berusia 15-60 tahun yang pernah membeli permen cokelat di Kampung Cokelat. Berdasarkan hasil penelitian, store atmopshere (pintu masuk, tema ruangan, dan tata letak ruang); promosi (frekuensi peluncuran iklan, daya tarik iklan, potongan harga, dan jangkauan iklan); dan store image (kebersihan, sikap pegawai, lokasi strategis, dan kecepatan pelayanan pelanggan) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan semakin baik store atmosphere, promosi, dan store image, keputusan pembelian di Kampung Cokelat akan semakin meningkat. Upaya atau usulan perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keputusan pembelian adalah mengadakanii fasilitas baru seperti wifi area, lebih sering mengadakan panggung hiburan musik, memperluas jangkauan iklan melalui facebook, twitter, atau instagram, mempercepat pelayanan pelanggan dengan menambah loket pembayaran, serta menetapkan produk unggulan agar konsumen lebih mengenal ciri khas produk Kampung Cokelat.