Analisis Faktor Kualitas, Harga Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Makanan Cepat Saji Di Kota Malang Menggunakan Partial Least Square (Pls) (Studi Pada Konsumen Restoran Ayam Uleg Cak Abit Bendungan Sutami, Malang)

Main Author: Putra, Satrio Bagus Eka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/181534/1/Satrio%20Bagus%20Eka%20Putra%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/181534/
Daftar Isi:
  • Masyarakat dengan kesibukan bekerja atau berkegiatan yang dilakukan setiap hari meyebabkan mereka tidak memiliki banyak waktu untuk memasak makanan sendiri. Hal tersebut menyebabkan masyarakat banyak yang beralih mengkonsumsi makanan cepat saji. Restoran Ayam Uleg Cak Abit merupakan salah satu restoran makanan cepat saji yang cukup terkenal di Malang. Meskipun begitu restoran ini masih memiliki kekurangan yang dapat mempengaruhi minat beli konsumen seperti kenyamanan fasilitas, kualitas pelayanan dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa keterkaitan kualitas, harga dan lokasi terhadap minat beli konsumen restoran Ayam Uleg Cak Abit. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square dengan jumlah responden 70, diambil dengan teknik purposive sampling. Responden penelitian adalah konsumen restoran Ayam Uleg Cak Abit Malang dan telah mengkonsumsi produk sebanyak 3 kali. Hasil penelitian menunjukkan seluruh indikator berpengaruh positif dan signifikan terhadap masing-masing variabel latennya. Variabel kualitas dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Harga berpengaruh positif tetapi tidak secara signifikan terhadap minat beli konsumen. Persamaan model penelitian : Y1 = 0,452X1 + 0,102X2 + 0,402X3 + Ɛ. Nilai Q2 sebesar 0,770 atau 77% yang menunjukkan bahwa model penelitian memiliki predictive relevance yang baik. Nilai tersebut berarti bahwa model penelitian sudah mampu menggambarkan permasalahan yang diteliti dengan baik