Pengaruh Brand Ekuitas Minyak Goreng Bimoli Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Skala Rumah Tangga (Studi Kasus Desa Sukobendu Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan)
Main Author: | Raharjo, Eko Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/181517/1/Eko%20Wahyu%20Raharjo%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/181517/ |
Daftar Isi:
- Minyak goreng merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok (sembako) masyarakat Indonesia. Bimoli (Bitung Manado Oil Limited) merupakan salah satu brand minyak goreng yang diproduksi oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk.Brand ekuitas adalah serangkaian aset dan kewajiban yang terkait dengan sebuah merek, nama, dan simbol yang menambah atau nilai yang diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan atau pelanggan. Penelitian dilakukan dengan cara melihat pengaruh empat variabel brand ekuitas yaitu brand awareness(X1), perceived quality(X2), brand association(X3) dan brand loyalty (X4) terhadap Loyalitas Konsumen (Y). Responden dalam penelitian ini merupakan Ibu rumahtangga di Desa Sukobendu Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan sebanyak 35 Responden. Sedangkan untuk analisis data menggunakan software SPSS 25 dan smartPLS 3.0 (Partial Least Square). Hasil dari penelitian ini mununjukan bahwa brand associaton yang dimiliki minyak goreng Bimoli tidak memperngaruhi loyalitas konsumen dengan nilai 0,804. Sedangkan pada variabel lain yang meliputi brand awereness, perceived quality dan brand loyality mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan masing-masing nilai Thitung 2,442 ; 2,039 dan 1,996. Produk atau merek yang mempunyai brand ekuitas yang baik akan menjadikan konsumen loyal utuk melakukan pembelian ulang terhadap produk dan sukarela merekomendasikan produk pada orang lain.