Perancangan Desain Kemasan Bubur Kentang Instan Khas Tengger Menggunakan Metode Kansei Engineering

Main Author: Paramita, Noorvianti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/181513/1/NOORVIANTI%20PARAMITA%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/181513/
Daftar Isi:
  • Pariwisata merupakan sektor potensial yang baik untuk dikembangkan. Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Tengger merupakan wilayah yang memiliki hasil panen kentang granola yang melimpah hal ini dapat dimanfaatkan sebagai produk olahan, misalnya dibuatkan bubur kentang instan khas Tengger, untuk menarik wisatawan terhadap produk maka digunakannya desain kemasan yang menarik. Tujuan dari penelitian ini ialah merancang desain kemasan produk bubur kenntang instan yang sesuai dengan keinginan konsumen dengan menggunakan metode kansei engineering. Metode ini menggunakan kansei word untuk mempermudah analisis keinginan konsumen yang diwakilkan oleh 35 responden, 16 sampel produk bubur instan melalui kuesioner, dan kata kansei sebanyak 19. Proses selanjutnya melakukan analisis faktor dan konjoin terhadap kata kansei guna menghasilkan konsep rancangan kemasan sesuai keinginan konsumen. Pengolahan data menggunakan software SPSS dan perancangan desain kemasan menggunakan coreldraw X8.Hasil yang dipeoleh, yaitu elemen yang paling penting bagi konsumen adalah bahan (29,750%), ilustrasi (19,172%), bentuk (17,799%), label (14,189%), warna (12,878%), dan logo (6,212%). Serta kombinasi kemasan yang terpilih yaitu kombinasi 2 yaitu berbahan kertas ivory, sachet, sedikit warna, digital printing, logotype dan logogram, gambar ikonik yang digambarkan oleh kata kansei digunakan adalah nama produk mudah diingat, memiliki ciri khas, kompleks, desain yang kreatif, menarik, banyak warna, mencolok