Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Kental Manis Frisian Flag (Studi Kasus Di Kota Malang, Jawa Timur)

Main Author: Ramadhan, Pradipta Ratrikala
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/181489/1/PRADIPTA%20RATRIKALA%20RAMADHAN%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/181489/
Daftar Isi:
  • Salah satu industri susu kental manis yang mengalami pertumbuhan yang baik berdasarkan brand share pada 2010 adalah Frisian Flag dengan brand share sebesar 84%. Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin pesat membuat perusahaan dituntut untuk melakukan inovasi dan pengembangan produk-produknya dengan tidak mengabaikan kualitas produk untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dihasilkan perusahaan. PT Frisian Flag melakukan bermacam-macam strategi untuk mempengaruhi minat beli konsumen. Salah satu strategi yang diterapkan adalah dengan melakukan pengembanganpengembangan atribut produk yang dimiliki PT. Frisian Flag. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh variabel atribut produk yang terdiri dari kemasan, merek, harga dan kualitas secara bersama-sama dan parsial terhadap keputusan pembelian, serta Memberikan rekomendasi perbaikan atribut produk susu kental manis Frisian Flag untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah variabel bebas yaitu atribut produk yang terdiri dari Kemasan (X1), Merek (X2), Harga (X3), Kualitas (X4) serta variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Penelitian dilakukan di Kota Malang dengan jumlah sampel 100 konsumen susu kental manis Frisian Flag yang tinggal di kota Malang, pernah mengkonsumsi kental manis Frisian Flag, melakukan pembelian sebanyak minimal 1 kali dalam 1 minggu terakhir, serta berusia 17-55 tahun karena dianggap sebagai usia produktif sehingga dianggap telah mampu membeli produk kental manis Frisian Flag. Teknik pengambilan sampel yangviii digunakan adalah judgement sampling atau purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1-5. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel atribut produk (X) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Uji F dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara simultan terhadap variabel terikat. Uji t dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara parsial terhadap variabel terikat. Model hasil analisis regresi adalah Y = 0.281 + 0.161 X1 + 0.167 X2 + 0.250 X3 + 0.424 X4. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa atribut produk yaitu Kemasan (X1), Merek (X2), Harga (X3), Kualitas (X4) secara parsial dan secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah kualitas produk susu kental manis Frisian Flag.