Analisis Preferensi Konsumen Dan Usulan Perbaikan Produk Keripik Tempe Menggunakan Metode Kano Dan Quality Function Deployment (Qfd) (Studi Kasus Di Ukm Rohani Malang)

Main Author: Pandiangan, Evan Marandi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/181483/
Daftar Isi:
  • Keripik tempe merupakan ikon oleh-oleh khas kota Malang. UKM Rohani merupakan bagian dari sentra industri keripik tempe Sanan yang memproduksi keripik tempe dengan berbagai varian rasa. UKM Rohani perlu mengetahui preferensi konsumen terhadap varian produk keripik tempe yang paling diminati sehingga dapat memahami keinginan konsumen dan menghasilkan produk keripik tempe yang sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Kano dan Quality Function Deployment (QFD). Pengisian kuesioner terhadap 114 responden yang pernah mengkonsumsi produk keripik tempe UKM Rohani dan 1 orang responden ahli yang merupakan pemilik UKM Rohani. Atribut yang digunakan sebanyak 18 atribut. Urutan atribut preferensi konsumen dari yang paling disukai adalah rasa keripik tempe, tekstur keripik tempe, produk tidak rusak, kesesuaian harga, mencantumkan tanggal kadaluarsa, kebersihan outlet, kemudahan dalam memperoleh produk, kebersihan produk, kerenyahan keripik tempe, kesesuaian berat bersih, kondisi produk sebelum masa kadaluarsa, variasi rasa, kelengkapan informasi, kepopuleran merk, keseragaman ukuran, ketanggapan terhadap permintaan konsumen, desain kemasan, dan aroma keripik tempe. Berdasarkan nilai bobot respon teknis, didapatkan 3 atribut dengan nilai tertinggi yang dijadikan prioritas yaitu teknik pengemasan yang tepat, pengolahan keripik yang tepat, dan pengaturan komposisi bahan baku dan bahan pendukung yang berkualitas bisa dijadikan alternatif peningkatan kualitas produk keripik tempe UKM Rohani.