Analisis Pengaruh Psikologis Konsumen Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Es Krim Aice Di Kota Malang

Main Author: Apriliyanto, Bagus Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/181473/7/BAGUS%20TRI%20APRILIYANTO%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/181473/
Daftar Isi:
  • Es krim dengan merk dagang Aice, merupakan salah satu lini produk beverage Singapore Aice Group Holding yang berada di Singapura. Fenomena yang sedang berkembang saat ini dimana konsumen gemar melakukan pembelian terhadap salah satu jenis produk es krim. Persaingan antar industri es krim pun berkembang seiring dengan kegemaran orang mengkonsumsi es krim sebagai makanan penutup (Dessert) mereka sehari-hari. Dalam persaingan antar industri es krim, maka suatu perusahaan harus selalu beradaptasi dengan konsumen. Keanekaragaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari diri konsumen maupun luar konsumen. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya adalah faktor psikologis dan bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel psikologis dan bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam pembelian es krim Aice di Kota Malang dan menganalisis pengaruh keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen terhadap es krim Aice di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS) dengan variabel bebas yaitu psikologis konsumen dan bauran pemasaran, variabel terikat yaitu keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan sebanyak 100 kuesioner yang diisikan oleh responden yang pernah membeli dan mengkonsumsi es krim Aice minimal 2 kali dalam kurun waktu 3 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologis konsumen memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelianxiv dan kepuasan konsumen. Variabel bauran pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel keputusan pembelian tidak terbukti memediasi pada hubungan psikologis konsumen terhadap kepuasan konsumen. Keputusan pembelian dapat memediasi secara penuh hubungan bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen. Variabel keputusan pembelian diketahui memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.