Pengaruh Kantin Berorientasi Halal, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Di Kantin Akademik Halalan Thoyyiban Universitas Brawijaya)
Main Author: | Fateh, Bayu Alassy Syarief |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/181451/1/Bayu%20Alassy%20Syarief%20Fateh%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/181451/ |
Daftar Isi:
- Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas negeri di Kota Malang. Di Universitas Brawijaya terdapat fasilatas kantin berorientasi halal yang bertujuan untuk memenuhi pangan berkualitas dan berstandarisasi halal. Di Universitas Brawijaya terdapat lebih dari 60.000 jiwa yang terdiri dari mahasiswa, dosen serta karyawan, maka dari itu kantin yang berkualitas dan halal sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan pangan sehari-hari. Faktor lain yang mendukung terhadap keputusan pembelian konsumen adalah lokasi dan kualitas pelayanan yang ada di kantin akademik halalan thoyyiban Universitas Brawijaya. Lokasi kantin ini bertempat di lantai 1 Perpustakaan, Universitas Brawijaya, Malang dan di samping kanan rektorat membuat kantin ini mudah untuk di jangkau oleh mahasiswa, karyawan dan dosen. Kualitas pelayan di Kantin berorientasi halal mencakup tersedianya ruangan nyaman, tempat makan tersusun rapi, lokasi para penjual makanan berjejer rapi serta tersediannya koneksi internet yang menjadikan kualitas pelayanan semakin baik dan menjadi faktor tambahan untuk konsumen membeli produk di kantin ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda. Dalam pengambilan data penelitian digunakan kuesioner telah mencangkup kantin berorientasi halal, lokasi, dan kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan 200 responden yang terdiri dari mahasiswa, karyawan, dosen atau pengunjung yang pernah datang dan membeli produk di kantin akademik halalan thoyyiban Universitas Brawijaya. Dengan 200 responden di harapkan data yang di dapat lebih akurat. Metode Regresi Liniervii Berganda mempunyai kelebihan yaitu dapat menganalisa dengan menggunakan lebih dari satu variabel bebas, sehinnga diharapkan hasil prediksi bisa lebih akurat. Kekurangan analisis regresi ini tidak mampu menunjukkan titik jenuh fungsi yang sedang diteliti, hal tersebut dapat menimbulkan kesalahan prediksi. Berdasarakan hasil penelitian didapatkan persamaan regresi yaitu Y = 0,637 + 0,329 X1 + 0,202 X2 + 0,243 X3. Dari persamaan regresi tersebut diketahui bahwa X1 berpengaruh paling besar dalam keputusan pembelian konsumen yaitu dengan 0,329. Model regresi berganda lolos uji asumsi klasik. Nilai determiniasi (R2) sebesar 0,565, artinya bahwa 56,5% variabel Keputusan Pembelian akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya. Uji F menunujukkan bahwa variabel terikat (Keputusan Pembelian) dapat dipengaruhi secara signifikan oleh variabel bebas (Kantin Berorientasi Halal (X1), Lokasi (X2), dan Kualitas Layanan (X3)). Uji T menunjukksn bahwa variabel bebas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.