Analisis Pengaruh Jumlah Kendaraan Bermotor Dan Kecepatan Angin Terhadap Konsentrasi Karbon Monoksida Di Pintu Masuk Terminal Arjosari
Main Author: | Proborini, Dita Endah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/181399/1/DITA%20ENDAH%20PROBORINI%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/181399/ |
Daftar Isi:
- Terminal Arjosari merupakan terminal terpadu di Kota Malang. Aktivitas kendaraan bermotor yang ada di terminal tersebut seperti bus dan motor, menghasilkan emisi gas buang kendaraan berupa karbon monoksida yang berpotensi meningkatkan pencemaran udara di terminal tersebut. Penelitian kualitas udara di Terminal Arjosari perlu dilakukan untuk mengetahui kadar konsentrasi karbon monoksida di terminal tersebut dan pengaruh jumlah kendaraan serta kecepatan angin terhadap konsentrasi karbon monoksida. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan titik sampling yaitu pintu masuk bus (PMB) dan pintu masuk mobil pribadi (PMM). Pengambilan sampel dilakukan pada pagi, siang, dan sore hari di 3 hari yang berbeda. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa konsentrasi CO cenderung lebih tinggi pada pagi hari di pintu masuk bus dan pintu masuk mobil pribadi. Konsentrasi CO berdasarkan titik pengambilan sampel memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1999 dan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 10 Tahun 2009, konsentrasi CO yang didapatkan berada di bawah baku mutu. Jumlah kendaraan memiliki pengaruh sebesar 71,35% terhadap konsentrasi CO pada pintu masuk bus dengan hubungan yang berbanding lurus sedangkan pada pintu masuk mobil pribadi sebesar 59,63%. Kecepatan angin mempengaruhi konsentrasi CO sebesar 61,68% di pintu masuk bus dan sebesar 42,28% diix pintu masuk mobil pribadi dengan hubungan yang berbanding terbalik.