Analisis Pengaruhkualitas Produk Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Minuman Sari Apel Menggunakan Metode Partial Least Square

Main Author: Kusumaputra, Bagaskara Yunianta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/181344/1/BAGASKARA%20YUNIANTA%20KUSUMAPUTRA%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/181344/
Daftar Isi:
  • Komoditas hortikultura yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional adalah buah-buahan. Buah-buahan mempunyai nilai ekonomis tinggi dan memegang peranan penting bagi pembangunan pertanian. Pertumbuhanekonominasional Indonesia banyakdipengaruhiolehpertumbuhansektorpertanian.Buahapelm erupakanbuah yang dikonsumsiterbesarketiga di Indonesia setelahbuahjerukdanbuahmangga.Saatmemutuskanpembelianp rodukoleh-oleh, konsumencenderungmembelisecarapartially planned purchase. Partially Planned Purchase adalahkeputusankonsumen yang sudahditentukanakanmembelisuatujenisproduknamunbelummen entukanmerknya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui masalah yang dihadapi yaitu perbedaan kualitas produk dan harga produk minuman sari apel yang dijual oleh Goedang Oleh-Oleh. PenelitianinidilakukandenganmetodePartial Least Square (PLS) dengan 2 variabelbebasdan 1 variabelterikat. VariabelbebasterdiridariKualitas produk dan harga produk sedangkanvariabelterikatadalahkeputusankonsumen. Pengambilan data dilakukandenganmenyebarkankuesionerkepada 100 responden yang hendakmembeliproduksaribuahapel diGoedang Oleh-Oleh Malang. Hasilpenelitianmenunjukanbahwakualitasprodukberpeng aruhterhadapkeputusanpembelian, dimanamakinbaikkualitasprodukmakakeputusanpembelianterha dapproduk sari apelsemakintinggi dan viiikemudianHargaprodukberpengaruhterhadapkeputusanpembelia n, dimanakarakteristikkonsumensaatiniyaitutidakterlalumengutama kanhargaasalkanmendapatkanprodukberkualitas yang sesuaidenganbiaya yang dikeluarkandenganharga yang wajarlebihbanyakdipilihkonsumen.