Perancangan Kemasan Kecap Manis Menggunakan Metode Kansei Engineering
Main Author: | Sitepu, Friskalia Monica |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/181341/1/Friskalia%20Monica%20S.%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/181341/ |
Daftar Isi:
- Persaingan industri kecap manis yang ketat terlihat dari tingginya tingkat keleluasaan konsumen dalam memilih merek kecap manis. Adanya persaingan yang ketat serta munculnya kompetitor-kompetitor baru membuat produsen kecap manis berusaha melakukan inovasi. Perancangan kemasan merupakan salah satu bentuk inovasi yang dapat dilakukan produsen kecap manis untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Dalam perkembangannya kemasan tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk melindungi produk, tetapi juga berfungsi sebagai media promosi dan informasi. Tujuan penelitian adalah merancang kemasan kecap manis yang sesuai dengan keinginan konsumen menggunakan metode kansei engineering. Kansei engineering merupakan sebuah metode yang menerjemahkan proses-proses psikologis manusia terhadap desain produk yang diinginkan, dengan cara mendefinisikan keinginan konsumen yang teridentifikasi melalui kata-kata kansei ke dalam desain produk. Kuesioner yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner semantic differential dengan 5 skala penilaian. Analisis faktor dilakukan untuk menentukan keterkaitan antar kata kansei dan menyederhanakannya tanpa menghilangkan informasi penting. Analisis konjoin juga dilakukan untuk mengetahui hubungan antara elemen desain dan kata kansei, sehingga rancangan desain kemasan kecap manis yang diinginkan konsumen dapat diketahui. Perancangan desain kemasan kecap manis dilakukan menggunakan salah satu aplikasi desain. Berdasarkan hasil penelitian, desain kemasan kecap manis yang diinginkan oleh konsumen adalah desain kemasan yangviii aman, awet, bercorak, elegan, ergonomis, fleksibel, informatif, inovatif, komunikatif, menarik, modern, mudah disimpan, rapi, unik dan warna terang. Kata kansei kemudian dikelompokkan menjadi tiga faktor yaitu faktor personalitas, kemudahan penggunaan dan kreativitas. Hasil analisis konjoin, prioritas elemen desain kemasan kecap manis yang dipentingkan konsumen secara berurutan adalah bentuk (39,075), aksesoris (26,596), label (16,602), bahan (11,880) dan warna (5,847). Rancangan desain kemasan kecap manis yang sesuai dengan keinginan konsumen adalah kemasan yang terbuat dari bahan plastik, berbentuk standing pouch, label menggunakan pressure sensitive label, berwarna full color serta memiliki aksesoris flip top. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan kata kansei yang lebih spesifik misalnya mudah dibawa dan mudah diambil isinya. Evaluasi terhadap desain kemasan yang dihasilkan juga perlu dilakukan. Dalam pembuatan kuesioner perlu ditambahkan pertanyaan terbuka untuk memperoleh informasi yang lebih detail mengenai keinginan konsumen terhadap kemasan suatu produk.