Analisis Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Partial Least Square (Studi Kasus Keripik Apel Di Kota Batu)

Main Author: Udzualita, Fahrullis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/181340/1/FAHRULLIS%20UDZUALITA%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/181340/
Daftar Isi:
  • Persaingan produk agroindustri olahan apel cukup ketat di tengah banyaknya merek dan harga jual yang lebih rendah antara produsen satu dengan yang lain. Persaingan harga yang ketat tersebut mengakibatkan penurunan kualitas dari produk, dikarenakan produsen terus mencoba meminimalisir biaya produksi. Produk olahan apel merupakan produk oleh-oleh yang menjadi ciri khas kota Batu Malang. Produk oleh-oleh, harus memiliki karakter yang kuat dari sisi kualitas dan kemasan yang sangat menarik, dengan konsekuensi harga yang sedikit mahal. Perusahaan dituntut untuk lebih kreatif mendesain produknya agar lebih menarik dari para pesaing.Salah satu daya tarik yang dapat ditonjolkan dari sebuah produk adalah kemasannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk, label, warna dan ukuran kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk, label, warna dan ukuran kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bentuk kemasan memberikan pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel label kemasan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel warna kemasan memberikan pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel ukuran kemasan memberikan pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.