Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Produk Permen Lolipop (Studi Kasus di UD Darma Daksa Multikarya)
Main Author: | Fathan, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/181269/ |
Daftar Isi:
- UD Darma Daksa merupakan salah satu produsen permen lolipop di Kota Malang yang memproduksi berbagai macam bentuk dan model karakter. Kapasitas produksi yang dihasilkan dalam satu bulan 3.000-5.000 pack atau 60.000-100.000 pcs permen. Konsumen semakin selektif dalam memilih produk yang mereka lihat dan memiliki preferensi tersendiri terhadap atribut dalam produk. Dengan itu dilakukan analisis preferensi konsumen untuk dapat mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Salah satu metode yang digunakan dalam analisis preferensi konsumen adalah model Kano dengan integrasi Analyctical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan analisis preferensi konsumen berdasarkan grafik koefisien kepuasan kano didapatkan hasil atribut yang menjadi preferensi konsumen dan dikategorikan ke dalam kategori attractive, one dimensional dan indifferent. Atribut yang berada dalam kategori attractive antara lain varian rasa, aroma dan informasi penyimpanan produk. Atribut yang berada dalam kategori one dimensional antara lain label kandungan gizi, daya simpan, ketahanan kemasan, kemasan praktis, izin produksi dan label halal. Atribut yang berada dalam kategori indifferent antara lain harga, ketebalan, kekerasan, jenis kemasan, informasi berat produk, komposisi produk, kontak produsen, variasi warna dan ukuran permen yang seragam. Berdasarkan nilai Customer Satisfaction Coefficient, atribut yang memiliki nilai IBT yang mendekati 1 yakni atribut label halal sebesar 0,61, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dilakukan integrasi dengan AHP dan didapatkan prioritas utama dalam preferensi konsumen adalah izin produksi dengan nilai sebesar 0,255, label halal 0,202, daya simpan 0,173, ketahanan kemasan 0,118, kemasan praktis 0,076, kandungan gizi 0,062, informasi penyimpanan produk 0,044, varian rasa 0,041 dan aroma 0,029.