Analisis Pengaruh Sertifikasi Halal, Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus di Mie Kudusan Malang)

Main Author: Pertiwi, Syafira Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/181184/1/Syafira%20Kurnia%20Pertiwi.pdf
http://repository.ub.ac.id/181184/
Daftar Isi:
  • Bisnis makanan berkembang semakin pesat mengikuti perkembangan zaman. Salah satu bisnis makanan berkembang pesat adalah mie. Mie adalah makanan alternatif pengganti beras yang banyak dikonsumsi masyarakat. Di Indonesia mie sudah cukup dikenal dan dapat dilihat dari banyaknya makanan khas daerah Indonesia dalam pembuatanya terdapat produk mie seperti Mie Kudusan Malang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara indikator sertifikasi halal, store atmosphere, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian terhadap variabel latennya. Serta mengetahui hubungan dari sertifikasi halal, store atmosphere, kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Penelitian dilakukan di Mie Kudusan Malang. Pada penelitian ini peneliti mengambil sampel dengan jumlah 129 responden dengan menggunakan accidental sampling. Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel dependen yaitu sertifikasi halal, store atmosphere dan kualitas pelayanan serta 1 variabel independen yaitu keputusan pembelian. Penelitian ini terdapat 2 model reflektif yaitu sertifikasi halal dan keputusan pembelian dan 2 model formatif yaitu store atmosphere dan kualitas pelayanan. Analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square dengan software SPSS 22 dan SmartPLS 3.00. Hasil penelitian dilakukan menunjukkan bahwa indikator sertifikasi halal, store atmosphere, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian dapat menjelaskan terhadap variabel latennya. Pada penelitian ini juga didapatkan hasil yaitu Y = 0.091X1 + 0.462X2 + 0.302X3 + 0.042. Pada hasil penelitian ini variabel sertifikasi halal tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, tetapi memiliki hubungan positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien 0.091 dan nilai p-value 0.193 ≥ 0.05. Pada variabel store atmosphere memiliki hubungan yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai koefisien 0.462 dan nilai p-value ≤ 0.05. Pada variabel kualitas pelayanan memiliki hubungan yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai koefisien 0.302 dan nilai pvalue ≤ 0.05.