Analisis Dan Perbaikan Usability Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Dengan Menggunakan Metode Usability Testing

Main Author: Karima, Tistya Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/181097/1/Tistya%20Putri%20Karima.pdf
http://repository.ub.ac.id/181097/
Daftar Isi:
  • Salah satu tujuan dari aplikasi Mobile PDAM Surya Sembada adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan-layanan PDAM Surabaya. Tetapi, dalam kenyataannya masih banyak yang mengeluhkan terkait kemudahan dalam mengakses berbagai fitur layanan pada aplikasi tersebut. Dari hasil temuan di playstore, ditemukan adanya ulasan yang menyebutkan bahwa navigasi pada aplikasi kurang baik, serta tidak adanya notifikasi keberhasilan saat pengguna melakukan suatu aksi, yang mana menyebabkan penggunanya menjadi kesulitan dan kebingungan. Kesulitan-kesulitan tersebut berpengaruh terhadap usability dari aplikasi. Menurut ISO/IEC 9241-11:1998, usability merupakan seberapa efektif, efisien dan memuaskannya suatu lingkungan khusus dalam rangka pengguna mencapai tujuannya. Pengujian terhadap usability suatu antarmuka pengguna penting untuk dilakukan. Tujuannya, selain untuk menemukan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan usability juga dapat mengukur sejauh mana tingkat kemudahan dari aplikasi tersebut. Maka dari itu, dilakukanlah pengujian usability pada aplikasi PDAM Surya Sembada sesuai dengan temuan permasalahan yang ada. Pengujian usability dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama bertujuan untuk mencari permasalahan usability serta solusinya untuk dijadikan bahan rekomendasi perbaikan desain. Tahap kedua bertujuan untuk menilai tingkat usability antarmuka aplikasi setelah dilakukan perbaikan sehingga bisa dibandingkan dengan nilai sebelumnya. Pengujian dilakukan pada 20 responden. Yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu Tech Savvy dan Low Digital Skills. Setelah dilakukan perbaikan, nilai usability antarmuka aplikasi untuk responden Low Digital Skills meningkat menjadi 64,7825% dari yang sebelumnya bernilai 20,095%. Sedangkan, untuk responden Tech Savvy nilai usability juga meningkat menjadi 64,7825% dari sebelumnya bernilai 29,2925%.