Evaluasi Pengalaman Pengguna Aplikasi Grab Driver Menggunakan Metode UX Curve
Daftar Isi:
- Konsep sharing economy merupakan sebuah konsep untuk berbagi sumber daya on-demand dengan orang lain termasuk di dalamnya adalah akomodasi tempat tinggal, layanan, pengantaran barang, dan juga media transportasi. Salah satu platform sharing economy yang telah berkembang pesat di Indonesia diantaranya adalah Grab yang menyediakan berbagai macam layanan sharing economy seperti berbagi sumber daya berupa moda transportasi, pengantaran makanan, dan pembayaran. Ketika menjalankan layanan Grab, selain aplikasi yang digunakan oleh penumpang terdapat aplikasi yang digunakan oleh pengemudi yaitu aplikasi Grab Driver. Dalam upayanya untuk menyesuaikan aplikasi dengan kebutuhan dari para mitra pengemudi, Grab melakukan berbagai pembaharuan terhadap aplikasi. Pembaharuan yang dilakukan terhadap aplikasi ini mengundang respon dari pengguna. Penelitian ini kemudian bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh perubahan-perubahan fitur tersebut terhadap pengalaman pengguna dengan cara melakukan evaluasi pengalaman pengguna jangka panjang menggunakan metode UX Curve. Pada tahap pengumpulan data yang terdiri atas dua tahapan yaitu Innitial Questionnare dan Curve Drawing Template. Dari proses ini dihasilkan sebanyak 100 kurva yang dibagi menjadi 5 sudut pandang yaitu attractiveness, degree of usage, ease of use, dan utility. Kurva-kurva tersebut kemudian digabungkan dan dikategorikan menjadi kurva improving, deteriorating, dan juga stable. Selain menggambar kurva responden juga diinstruksikan untuk mengemukakan alasan mereka terhadap titik kurva yang berubah. Hasil dari pengumpulan data adalah sebanyak 63 kurva improving, 10 kurva deteriorating, dan juga 27 kurva stable. Total alasan yang dihasilkan adalah 592 alasan dengan rata-rata 29,6 alasan per responden (20,7 positif, dan 8,9 negatif N=20). Dalam semua dimensi terdapat satu fitur yang selalu mendapatkan komentar positif yaitu fitur terima otomatis. Keberadaan fitur ini telah membawa dampak positif bagi pengalaman pengguna aplikasi Grab Driver. Aspek yang paling berpengaruh terhadap aplikasi Grab Driver adalah aspek utility dengan rata-rata 11,65 alasan yang dikemukakan oleh setiap pengguna (7.45 positif dan 4.2 negatif, N=20), dan yang paling sedikit adalah aspek motivational dengan rata-rata sebanyak 5,55 alasan (4.15 positif dan 1.4 negatif, N=20). Hal ini menandakan bahwa untuk meningkatkan pengalaman pengguna maka aspek yang paling berpengaruh adalah aspek utility