Pengembangan Permainan Edukasi Chemistry Fusion Pada Perangkat Bergerak Menggunakan Metode Iterative And Rapid Prototyping

Main Author: Hestiningtyas, Annisa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/181043/1/Annisa%20Hestiningtyas.pdf
http://repository.ub.ac.id/181043/
Daftar Isi:
  • Metode pembelajaran dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan formal yang berlangsung di Sekolah pada umumnya terbatas pada presentasi dan diskusi yang dilakukan oleh guru saja, sehingga metode ini sering dianggap kurang efektif karena mengakibatkan siswa cepat merasa jenuh dan bosan. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan saat proses belajar dapat dikatakan kurang memadai, sehingga murid cenderung pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Kimia adalah mata pelajaran yang mulai diajarkan di SMA sebagai materi dasar. Dalam dunia pendidikan pada mata pelajaran kimia, materi tentang Hidrokarbon dan Minyak Bumi sangat diperlukan oleh para siswa yang ingin memperdalam ilmu kimia. Saat ini, Guna membantu memberikan upaya untuk membentuk budaya pembelajaraan yang inovatif dan kreatif melalui media pembelajaran berbasis digital, khususnya mobile edukasi, maka penulis mengembangkan sebuah permainan edukasi yang memfokuskan pada mata pelajaran kimia. Pengembangan permainan edukasi ini menggunakan penerapan dari metode iterative dan rapid prototyping. Hasil pengujian usability menggunakan kuisioner diperoleh hasil perhitungan sebesar 81,62 %. Hasil perhitungan tersebut selanjutnya dikonversi dengan tabel skala Likert sehingga menunjukkan skala “Sangat Layak” dan dapat dijadikan sebagai bahan ajar/media pembelajaran kimia khususnya pada materi hidrokrabon dan minyak bumi di SMA Negeri 2 Tenggarong Seber