Analisis dan Perancangan Sistem Administrasi Pembayaran Siswa dengan Metode Human Centered Design (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Sukodadi)
Main Author: | Nisak, Alif Hilyatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/181040/1/Alif%20Hilyatun%20Nisak.pdf http://repository.ub.ac.id/181040/ |
Daftar Isi:
- SMA Negeri 1 Sukodadi memiliki siswa yang bertambah setiap tahun. Sehingga, kebutuhan pelayanan administrasi pembayaran siswa terus meningkat. Sekolah ini sudah memiliki sistem administrasi pembayaran. Saat sistem siap untuk dipakai ternyata pemerintah Provinsi Jawa Timur mengubah peraturan untuk pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP). Sehingga sistem tersebut tidak terpakai karena tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna yang sekarang. Permasalahan dalam pembayaran Partisipasi adalah pengelolaan administrasi masih manual, keterbatasan SDM pengelola administrasi pembayaran, proses perhitungan pemasukan pembayaran tidak efisiensi waktu. Metode yang digunakan adalah Human Centered Design (HCD). Tahap-tahap dalam HCD yaitu analisis konteks dan kebutuhan pengguna dengan metode wawancara. Hasil dari analisis ini adalah dua pengguna sebagai responden dan pengguna ingin rancangan baru yang sesuai dengan peraturan agar dapat memudahkan dalam pengelolaan pembayaran dan pembuatan laporan. Rancangan antarmuka dan desain solusi menghasilkan wireframe dan prototipe. Evaluasi prototipe menggunakan pengujian usability dengan aspek effectiveness, efficiency, dan satisfaction. Evaluasi ini dilakukan dengan pengujian task scenario untuk menentukan aspek effectiveness dan efficiency. Aspek satisfaction ditentukan dengan metode wawancara ke pengguna. Hasil dari evaluasi prototipe pada aspek effectiveness adalah 79,24%, sedangkan aspek efficiency adalah responden 1 90% dan responden 2 100%, serta aspek satisfaction adalah 4 permasalahan